jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 16, 2024

Jakarta (JurnalPagi) – Pelatih timnas Portugal Fernando Santos akan menghadapi Swiss di babak 16 besar Piala Dunia yang digelar Selasa malam nanti, usai penampilan Otavio, gelandang timnas Portugal.

Gelandang Porto itu akan bergabung dengan rekan satu timnya setelah absen dalam dua pertandingan terakhir karena cedera paha.

Danilo Pereira, bek tengah yang mengalami tiga patah tulang rusuk pekan lalu, juga sudah pulih untuk bisa langsung bermain.

Namun penggantinya untuk dua pertandingan terakhir, Pepe yang berusia 39 tahun, mungkin akan mempertahankan posisinya untuk melindungi Brielle Mbolo, striker Swiss yang mencetak dua gol di Piala Dunia 2022.

Gol Beryl Embolo memenangkan Swiss dengan skor 1-0 melawan Kamerun.

Pepe akan dipasangkan dengan bek tengah Manchester City Ruben Dias, yang diistirahatkan saat Portugal kalah 2-1 dari Korea Selatan.

Setelah Nuno Mendes absen karena cedera melawan Uruguay, Santos terpaksa merotasi bek kiri.

Santos juga memindahkan Joao Cancelo ke kiri dan memasukkan Diego Dalot di kanan dalam susunan yang sama yang digunakan Portugal di babak penyisihan grup melawan Swiss.

Kapten Cristiano Ronaldo mengembangkan visi lain kali ini, menyamai rekor gol terbanyak di Piala Dunia untuk Portugal, yang saat ini dipegang oleh Eusebio setelah mencetak sembilan gol di Piala Dunia 1966 Inggris.

Ronaldo Pimpin Portugal Juara Piala Dunia Pertama

Sementara itu, Swiss memiliki striker yang berusaha memecahkan rekor tersebut, yaitu Xherdan Shaqiri.

Shaqiri menjadi pencetak gol terbanyak Piala Dunia dibandingkan pemain Swiss lainnya saat mencetak gol melawan Serbia di babak penyisihan grup.

Dia sekarang terpaut satu gol dari enam gol yang dicetak oleh Sepp Hoegi di Piala Dunia 1954, rekor gol Piala Dunia terbanyak dalam sejarah tim nasional Swiss.

Shaqiri percaya bahwa Swiss memiliki semua yang dibutuhkan untuk mencapai perempat final Piala Dunia.

“Kami membutuhkan penampilan spesial. Sejujurnya, Portugal adalah tim yang bagus dan bagi saya favorit untuk pertandingan ini, tapi kami juga tahu karakteristik kami. Kami akan berusaha melakukannya dengan baik, melakukan penampilan spesial. Dan mencoba membuat Shaqiri dikutip Reuters.

Kisah Swiss, Kisah Zherdan Shaqiri

Memprediksi sebelas pemain pertama

Portugis (4-3-1-2): Diego Costa; Diego Dalot, Pepe, Ruben Dias, Joao Cancelo; Bernardo Silva, Ruben Nuss, William Carvalho; Bruno Fernandez; Joao Felix, Cristiano Ronaldo

Swiss (4-2-3-1): Gregor Kobel; Sylvan Widmer, Manuel Akanji, Fabian Schar, Ricardo Rodriguez. Remo Froler, Granit Xhaka; Xherdan Shaqiri, Djibril Sow, Ruben Vargas; Braille Ambulo

Swiss melaju ke babak 16 besar dengan kemenangan 3-2 atas Serbia

Korea Selatan dan Portugal melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022

Selanjutnya: Skenario balapan