jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 16, 2024

Diperlukan peralatan pengujian CPO yang memenuhi standar nasional agar laboratorium pengujian UPTD BPSMB dapat bersaing dengan laboratorium pengujian lainnya.

Mamuju (JurnalPagi) – Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat menawarkan alat pengujian minyak sawit mentah (CPO) kepada Kementerian Perdagangan kepada Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Komoditi (BPSMB).

Direktur Koperasi, Industri Kecil, Menengah, dan Perdagangan (Koprindag) Provinsi Sulawesi Barat, Bau Akram Dai di Mamojo, Rabu, mengatakan usulan tersebut disampaikan dalam Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Pembangunan Nasional (Rakortekrenbangnas) yang digelar di Surabaya. Jawa Timur, Selasa (27/2).

Bau Akram Dai mengatakan usulan tersebut bertujuan untuk meningkatkan layanan pengujian CPO yang merupakan salah satu komoditas unggulan di wilayah tersebut.

Baw Akram Dai mengatakan: Diperlukan peralatan pengujian CPO yang sesuai standar nasional agar laboratorium pengujian UPTD BPSMB dapat bersaing dengan laboratorium pengujian lainnya.

Baw Akram Dai mengatakan, tawaran alat uji CPO diterima mengingat Pemprov Sulbar harus melengkapi dokumen pendukung dan persyaratan lainnya.

“Usulan fasilitasi uji CPO yang disampaikan di desk regional telah disetujui, namun dengan catatan perlu melengkapi dokumen pendukung dan persyaratan lainnya,” kata Bau Akram Dai.

Dalam rakornas tersebut, pihaknya juga turut serta dalam tabel kerja sama dan UKM, industri dan perdagangan, tempat sinkronisasi kegiatan antara pusat dan daerah, serta pembahasan realisasi indikator prioritas hasil pada 2023 dan tujuan yang dibahas dibahas dan terjadi pertukaran pandangan. Indikator hasil prioritas pada tahun 2025

Baw Akram Dai mengatakan: “Kami berharap sinergi dan dukungan pemerintah pusat terhadap pengembangan sektor koperasi dan UKM, industri dan perdagangan di Sulawesi Barat yang merupakan salah satu penopang pembangunan perekonomian daerah.”

Rakortekrenbangnas 2024 merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan terkait mulai dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, akademisi, swasta, dan masyarakat sipil.

Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan menyelaraskan perencanaan pembangunan nasional dengan perencanaan pembangunan daerah serta mengidentifikasi permasalahan dan tantangan strategis dalam pelaksanaan pembangunan nasional.

Perekonomian Sulawesi Barat didorong oleh investasi langsung dan CPO

Pemprov Sulawesi Barat proyeksikan produksi gabah kering giling tanpa sekam mencapai 39.096 ton.

Koresponden: Amirullah
Editor: Ahmed Bochuri
Hak Cipta © JurnalPagi 2024