jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 25, 2024

Sampit (JurnalPagi) –

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Sumpit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah memperkenalkan mesin perpustakaan keliling untuk menambah wawasan dan pengetahuan para narapidana pemasyarakatan (WBP).

“Kami sangat bersemangat untuk mengadakan program ini sebagai bagian dari upaya kami untuk meningkatkan kualitas dan pengetahuan warga binaan kami,” kata Kepala Penjara Kelas IIB Sampit Meldi Putra di Sampit, Selasa.

Dalam program ini, Lapas Kelas IIB Sampit bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kotim. Mobil perpustakaan keliling ini menawarkan berbagai koleksi buku mulai dari fiksi, nonfiksi hingga sumber daya, sehingga memberikan akses segala jenis bacaan bagi narapidana. Dengan harapan dapat menciptakan minat membaca dan belajar pada klien.

Lanjutnya, selain itu keberadaan mobil perpustakaan keliling juga diharapkan dapat menjadi sarana untuk mengisi waktu luang para pengunjung dengan kegiatan yang positif dan mendidik.

Program kerjasama antara Lapas Kelas IIB Sampit dan DPK Kotim ini disambut antusias oleh warga binaan, setiap mobil perpustakaan keliling datang selalu disambut oleh warga binaan di Lapas Sampit.

Meldi menambahkan, program mobil perpustakaan keliling dilaksanakan secara berkala dengan jadwal yang telah ditentukan agar para warga binaan dapat memiliki akses membaca secara teratur dan sistematis.

Diharapkan dengan langkah ini dapat tercipta lingkungan yang mendidik dan mendukung bagi tumbuh kembangnya narapidana setempat.

Sementara itu, Ketua DPK Kotim Rosna mengatakan, mobil perpustakaan keliling ini diperuntukkan tidak hanya bagi sekolah, namun juga bagi kelompok masyarakat yang membutuhkan, termasuk warga binaan Lapas Sampit.

Ratusan buku disediakan DPK Kotim, tidak hanya buku tentang pendidikan sekolah, namun banyak juga buku yang berhubungan dengan hal lain, baik buku agama, sejarah maupun sosial.

“Pada dasarnya kami menyambut baik kerjasama dengan Lapas Sampit untuk memberikan kesempatan kepada warga binaan meningkatkan minat membaca dan menambah pengetahuannya,” kata Rosna.

Satgas Yonif 125 Tumbuhkan Minat Baca Anak Papua Selatan

Koresponden: Mohammad Aref Hedayat/Davita Molina
Redaktur: Triono Subagyo
Hak Cipta © JurnalPagi 2024