jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 16, 2024

Jakarta (JurnalPagi) – Pengamat politik dari Trias Politika Strategis, Agung Baskuru menilai keberhasilan Partai Golkar menempati posisi kedua.pemenang kedua(dalam hasil hitung cepat)Hitung cepat) Sementara beberapa TPS juga dipengaruhi oleh kepribadian politikus yang juga mantan Gubernur Jawa Barat, Rizvan Kamil.

Hasil sementara sejumlah lembaga survei hingga Jumat (16/2) menunjukkan perolehan suara Partai Golkar berada di peringkat kedua, lebih rendah dibandingkan PDI Perjuangan, dan lebih tinggi dibandingkan Partai Gerindra yang masih berada di peringkat ketiga.

Dalam siaran tertulis di Jakarta, Jumat, Agong mengatakan: “Suara Golkar meningkat pesat, saya kira dia bisa menggusur Jakar Grindra yang kebetulan punya calon presiden (capres).”

Ia meyakini jika tidak ada perubahan pada hasil akhir penghitungan cepat lembaga survei seperti Litbang Kompas, Indeks Politik Indonesia, LSI, Poltracking, dan Charta Politika, besar kemungkinan Partai Golkar akan menjadi partai politik kedua. Partai peraih suara terbanyak pada pemilu 2024.

Agong berpendapat, selain kepribadian Irlanga Hartartu yang kini menjabat sebagai Ketua Umum dan Menteri Partai, faktor lain yang turut mendorong peningkatan suara Golkar adalah kadernya yang menjadi magnet kuat pemilih. terutama dari generasi millenium dan generasi millenial. Jenderal Z.

Misalnya di Jawa Barat ada istri Ridwan Kamil, Atalia Pratya atau Ibu Cinta. Agong yang menjabat sebagai Direktur Eksekutif Trias Politika mengatakan, “Sungguh luar biasa bisa mendongkrak perolehan suara di Jawa Barat yang selama ini dikenal sebagai basis PKS dan Gerindra.”

Meski demikian, ia menilai perolehan suara Atalia tak lepas dari pengaruh suaminya, meski mantan Gubernur Jawa Barat itu tak mencalonkan diri di Pileg 2024.

Agong menilai Ridwan Kamil (RK) punya pengaruh di kalangan anak muda, salah satu indikatornya adalah banyaknya pengikut RK di media sosial. Ia mengatakan, popularitas RK berpengaruh positif terhadap jatah Golkar.

Pengikut RK tidak ingin konten politik yang berat, mereka ingin sesuatu yang tenang, seperti RK, menghibur tetapi berisi, kata Agung.

Hasil hitung cepat beberapa lembaga survei pada Jumat malam menunjukkan PDI Perjuangan memperoleh suara terbanyak (15,85 persen berbanding 16,78 persen), disusul Partai Golkar (13,65 persen – 15,54 persen) dan Partai Gerindra. Urutan kedua, ketiga (13,39 persen – 13,94 persen).

Data yang dikirimkan ke TPS berkisar antara 92,30% hingga 99,88%.

Irlanga: Pemilu Damai Buktikan Indonesia Negara Besar
Irlanga Sebut Film Dokumenter ‘Dirty Vote’ Sebagai Kampanye Hitam

Koresponden: Genta Tenri Mawangi
Redaktur: Anton Santoso
Hak Cipta © JurnalPagi 2024