jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juli 24, 2024

JAKARTA (JurnalPagi) – Aljazair ditahan imbang Angola 1-1 pada laga pembuka Piala Afrika 2024 di Stade de la Paix Bouake, Pantai Gading, Senin waktu setempat atau Selasa pagi WIB.

Menurut situs resmi Piala Afrika, Baghdad Bundja membawa Aljazair unggul pada menit ke-18 dan penyerang ini mencetak gol yang dianulir beberapa menit kemudian karena offside.

Meski mendominasi permainan, Aljazair tak mampu menggandakan keunggulannya di babak kedua. Sebaliknya, pemain pengganti Angola Cristoao Mabulolo menyamakan kedudukan melalui titik penalti pada menit ke-68.

Aljazair, yang menjuarai Piala Afrika pada tahun 1990, merupakan satu-satunya tim papan atas yang gagal memenangkan pertandingan pembuka mereka setelah Nigeria, Mesir, dan Kamerun.

Di sisi lain, Angola akan cukup senang dengan satu poin. Meskipun hasilnya berarti mereka kini gagal memenangkan satu pun dari sembilan pertandingan terakhir Piala Afrika sejak tahun 2012.

Aljazair, yang dilatih Jamal Belmadi, harus membuktikan sesuatu setelah tampil sebagai juara bertahan Piala Afrika 2022 di Kamerun, hanya meraih satu poin dan satu gol.

Mereka memulai pertandingan dengan sangat baik di Dolla Peaks Stadium. Youssef Belaili membawa bola bagus ke belakang pertahanan Angola untuk dikonversi Bundajah dan diselesaikan tanpa kendali dengan bagian luar kaki kanannya.

Bundjah mencetak gol keduanya pada menit ke-25 dengan menunjukkan kemampuannya memblok bola dengan dada di kotak penalti dan melepaskan sundulan. Namun kegembiraan Bundjah hanya bertahan sebentar karena hakim garis kemudian mengibarkan bendera tanda offside.

Sebaliknya, Angola mendapat hadiah penalti saat Nabil Bentaleb menjatuhkan Mabulolo di kotak penalti. Mabulolo sendiri berperan sebagai algojo dan tendangannya membentur mistar gawang sebelum melambung melewati garis gawang.

Ketika mantan bintang Manchester City Riyad Mahrez gagal memberikan pengaruh besar, Angola berhasil mempertahankan hasil imbang.

Dua tim lainnya di Grup D, Burkina Faso dan Mauritania, juga akan saling berhadapan di Bouake pada Selasa.

Guinea seri dengan Kamerun meski finis dengan sepuluh orang
Pemain berusia 20 tahun membawa Senegal meraih kemenangan di laga pertama Piala Afrika 2024.
Mohamed Salah Selamatkan Mesir, Ghana Kalah dari Tanjung Verde
Nigeria ditahan imbang 1-1 melawan Equatorial Guinea di laga pembuka

Daftar pemain:

Aljazair: Anthony Mandria, Youssef Atal, Aissa Mendi, Rami Bensbaini, Rayan Ann Nouri, Ismail Benaser, Nabil Bentalib, Riyad Mahrez, Fars Chaibi, Youssef Belayili, Baghdad Bundja.

Pelatih: Jamel Belmadi

Angola: Edelson Neblo, Jonathan Bosto, Kyalonda Gaspar, Quinito, Norio Fortuna, Shaw, Bruno Paz, LA Augusto, Freddie, Zito Luombo, Gelson Dalla

Pelatih: Pedro Suárez Goncáles

Koresponden: Rauf Ender Adipati
Redaktur: Dadan Ramdani
Hak Cipta © JurnalPagi 2024