jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 16, 2024

KOMPAS.com – Bakuchiol adalah alternatif retinol alami yang baru-baru ini menjadi populer di kalangan pengguna perawatan kulit.

Dilaporkan dari kepala editorBahan alami ini dikatakan memiliki efek samping yang tidak nyaman seperti kulit kering atau teriritasi yang minimal dibandingkan dengan retinol.

Meski relatif aman dibandingkan dengan retinol, penggunaan bahan alami ini tidak boleh sembarangan.

Penggunaan Bakuchiol tidak boleh dicampur dengan produk perawatan kulit lainnya karena dapat menyebabkan iritasi sehingga mengurangi efektivitas bahan aktifnya. Simak uraian di bawah ini.

3 manfaat bakuchiol untuk kulit wajah yang sayang untuk dilewatkan

Bakuchiol tidak boleh dicampur dengan apapun?

Dilaporkan dari StylecrazeBakuchiol tidak boleh dicampur dengan produk perawatan kulit yang merangsang pengelupasan atau pengangkatan sel kulit mati. Asam alfa hidroksi (AHA) Asam beta hidroksi (BHA) atau benzoil peroksida.

Penggunaan bakuchiol dan AHA-BHA atau benzoil peroksida secara bersamaan dapat meningkatkan risiko iritasi kulit.

Selain itu, pemilik kulit sensitif juga harus berhati-hati saat menggunakan bakuchiol yang dicampur dengan retinol.

Kedua kandungan ini memiliki fungsi yang sama, sehingga jika digunakan bersamaan dikhawatirkan akan membuat iritasi bagi yang memiliki kulit sensitif.

Bolehkah AHA BHA Skin Care Dicampur Dengan Niacinamide?

Bisakah bakuchiol dicampur dengan apa saja?

Produk bakuchiol dalam bentuk krim, serum atau lotion bermanfaat untuk merangsang produksi kolagen.

Dengan cara ini, kulit bisa tampak lebih kencang, mengurangi garis-garis halus, menyembunyikan pori-pori yang terlihat, meratakan warna kulit agar terlihat lebih muda.

Nah, Bakuchiol ini tergolong stabil. Jadi, produknya perawatan kulit Dapat dicampur dengan bahan perawatan kulit berkelanjutan lainnya seperti asam hialuronat, ceramide dan niacinamide.

Campuran bakuchiol dan beberapa bahan ini tidak tumpang tindih cara kerjanya, sehingga kondisi kulit bisa diperbaiki.

Namun, untuk mendapatkan manfaat bakuchiol bagi wajah Anda, pastikan untuk menggunakan produk ini dengan hati-hati.

Perhatikan petunjuk penggunaan produk perawatan kulit dan coba gunakan terlebih dahulu pada kulit lengan atau bagian tubuh lain yang tersembunyi, lihat efeknya, jika tidak ada iritasi, gunakan pada seluruh wajah.

Retinol Skin Care Boleh Dicampur Dengan Apa Saja?



Dapatkan pembaruan Berita terpilih Dan berita terkini Setiap hari dari Kompas.com. Yuk gabung grup Telegram “Kompas.com news update” caranya klik link lalu gabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.