jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 16, 2024

Jakarta (JurnalPagi) – Hingga tahun 2018, Manchester United belum pernah menduduki puncak daftar klub terkaya dunia, namun masih masuk dalam lima tim teratas dunia.

Karena stabilitas keuangan tersebut, pemilik United, keluarga Glazer, berani menjual 25% sahamnya kepada Sir Jim Ratcliffe seharga £1,2 miliar (Rs 23,6 triliun), jauh lebih mahal dari harga 100% United saat membelinya. Pada tahun 2005, mereka membelinya seharga £800 juta (Rs 15,7 triliun).

Namun di lapangan, klub, yang dicemooh oleh mantan manajernya, Louis van Gaal, sebagai klub bisnis dan bukan klub sepak bola, terpukul dan berantakan.

Sejak tahun 2013, MU belum pernah mengangkat gelar juara liga, hanya Piala FA pada tahun 2016 dan Piala FA pada tahun 2017 dan 2023.

Dalam periode yang sama, Setan Merah tersingkir dari Liga Champions sebanyak lima kali. Tahun lalu, manajer Erik ten Hoag membimbing United kembali ke kompetisi elit Eropa setelah finis di urutan keenam pada musim sebelumnya.

Namun musim ini, United tertatih-tatih kembali turun ke peringkat enam meski masih terlalu dini untuk menyimpulkan bahwa ini adalah akhir perjalanan Setan Merah mengingat musim masih panjang.

Namun, ada perkembangan yang menjanjikan dalam beberapa minggu terakhir.

Sejak kalah 2-1 melawan Nottingham Forest pada 31 Desember 2023, United tidak terkalahkan dalam tujuh laga terakhirnya di semua kompetisi.

Ini termasuk empat kemenangan liga berturut-turut, yang terbaru dicatat saat menjamu Luton Town Minggu malam lalu, 2-1.

Secara individu, kualitas permainan sejumlah pemain perlahan kembali membaik, terutama Rasmus Hojlund yang mencetak dua gol untuk Luton.

MU Kalahkan Luton Town Berkat Dua Gol Cepat Hjellund

Uniknya, kenaikan tersebut bertepatan dengan selesainya pembelian Ratcliffe dari United.

Permainan Setan Merah mulai terlihat sejak ketua perusahaan kimia INEOS, yang memiliki kekayaan bersih US$20,8 miliar (Rs 325,6 triliun), mengonfirmasi kepemilikan saham minoritas yang akan membuatnya bertanggung jawab penuh atas operasional sepak bola United. Stabilitas.

Højlund mencetak gol liga pertamanya di Old Trafford pada 27 Desember 2023 dalam kemenangan 3-2 United atas Aston Villa. Hal itu terjadi tak lama setelah Ratcliffe merampungkan pembelian 25% saham MU.

Sebelumnya, penyerang Denmark berusia 21 tahun yang didatangkan dari Atalanta pada Agustus 2023 itu belum pernah mencetak gol dalam 14 pertandingan liga.

Namun belakangan ada faktor luar lapangan yang meningkatkan kualitas permainan Hjelund. Dan itu adalah Ratcliffe.

Ten Hoag Yakin Hojlund Akan Jadi Mesin Pencetak Gol Manchester United
Klasemen Liga Inggris: MU Hampir Empat, Liverpool Masih di Puncak

Berikutnya: Atap Stadion Bocor

Hak Cipta © JurnalPagi 2024