jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 16, 2024

Jakarta (JurnalPagi) – Kesehatan pencernaan anak memegang peranan penting dalam mencapai tumbuh kembang yang optimal, karena sekitar 70% sistem imun tubuh dipengaruhi oleh kesehatan pencernaan.

Pencernaan yang sehat berarti penyerapan zat gizi makro dan mikro yang baik lebih efisien, kata ahli gizi Estey Nervanti. Namun jika pencernaannya tidak optimal, penyerapan nutrisi akan terganggu dan pada akhirnya dapat mempengaruhi kesehatan dan tumbuh kembang anak.

Zat gizi makro yang kita kenal adalah protein, karbohidrat, lemak dan zat gizi mikro, vitamin dan mineral. Berbicara pada peluncuran HeathyWay Kids Growth Milk di Hotel JW Marriot, Esti mengatakan, “Kalau pencernaan tidak sehat, semuanya tidak terserap dengan baik, maka Boro Boro bisa meningkatkan kesehatan, tinggi badan dan berat badan ideal sesuai usia jika pencernaan baik. menjadi.” Jakarta, Senin.

Oleh karena itu, menurut ahli gizi jebolan Universitas Gajah Mada ini, penting bagi orang tua untuk memilih produk yang diperkaya nutrisi baik yang menunjang kesehatan pencernaan anak.

Para Ahli Sebut Faktor Genetik Jadi Penyebab Utama Kanker pada Anak

Pakar Anak Ingatkan Bahaya Mendengkur Bagi Kesehatan Anak

Selain itu, memiliki sistem pencernaan yang sehat juga dapat memperkuat daya tahan tubuh anak terhadap penyakit. Ketika sistem pencernaan anak sehat, tubuhnya akan lebih mampu melawan bakteri berbahaya penyebab penyakit.

Sebaliknya, jika anak sakit, tumbuh kembangnya bisa terganggu karena tubuhnya lebih memprioritaskan melawan infeksi. Selain itu, karena sistem pencernaan anak yang belum berkembang sempurna, ia rentan mengalami gangguan pencernaan.

“Faktanya, 70 persen imunitas dipengaruhi oleh sistem pencernaan, karena pencernaan yang sehat tentunya dapat memperkuat daya tahan tubuh, sehingga anak tidak bisa sakit. Jika anak sakit, tumbuh kembangnya tidak maksimal, karena tubuh mengutamakan melawan bakteri patogen (bakteri penyebab penyakit), sehingga tumbuh kembangnya tidak maksimal, kata Este.

Mengingat pentingnya menjaga kesehatan pencernaan anak, sangat memungkinkan untuk membantunya tumbuh dan berkembang secara optimal.

Mendukung pencernaan yang sehat dengan memilih produk yang tepat dapat menjadi langkah penting dalam menjaga kesehatan anak dan memastikan mereka menyerap nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan yang baik.

Ahli Gizi: Orang Tua dan Pola Makan Jadi Faktor Penyebab Masalah Gizi pada Anak Indonesia

Dokter: Ukur lingkar kepala anak secara rutin untuk mendeteksi tumor

Koresponden: Pangeran Hanifah
Diedit oleh: Zita Mirina
Hak Cipta © JurnalPagi 2024