APJII berkomitmen terhadap pengembangan industri internet di Indonesia

Jakarta (JurnalPagi) – Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menyatakan akan berkomitmen terhadap pengembangan industri Internet guna meningkatkan kualitas layanan dan konektivitas di seluruh Indonesia.

“Saat ini anggota APJII sudah mencapai lebih dari 1.000 anggota di seluruh Indonesia. “Di usia 28 tahun ini kita semua mempunyai semangat yang sama, yaitu terus bergotong royong demi perkembangan industri Internet di Indonesia,” kata Direktur Utama APJII Muhammad Aref pada perayaan HUT APJII ke-28 yang digelar di Jakarta, Rabu.

Aref mengatakan, hingga saat ini jumlah anggota APJII meningkat pesat. Ini bisa dijadikan indikator bahwa jumlahnya ribuan penyedia layanan internet (ISP) siap memberikan koneksi internet berkualitas kepada lebih banyak masyarakat di Indonesia.

APJII: Perhatikan Nasib ISP Lokal Meski Starlink Hadir di Indonesia

Menkominfo Sebut Starlink Tak Akan Rusak Ekosistem PJI Lokal

Kondisi tersebut juga menjadi sinyal baik bahwa industri Internet di Indonesia sudah bergerak ke arah yang tepat seiring dengan program transformasi digital yang dicanangkan pemerintah.

Lanjut Aref, berdasarkan hasil Survei Penetrasi Internet Indonesia Tahun 2024 yang diterbitkan APJII, tingkat penetrasi Internet Indonesia telah mencapai 79,5 persen dari total penduduk. Angka tersebut setara dengan 2.215.634,79 jiwa dari total penduduk Indonesia yang mencapai 2.786.962.000 jiwa pada tahun 2023.

Aref mengatakan, Melihat tingkat penetrasi Internet di Indonesia tahun ini, selain peningkatan jumlah ISP dan perbaikan infrastruktur, perluasan jaringan merupakan salah satu aspek terpenting dalam pengembangan industri Internet dalam negeri.

Hal lain yang ditegaskannya, perluasan jaringan menjadi salah satu kunci utama peningkatan akses internet bagi masyarakat. APJII meyakini semakin banyak masyarakat yang memiliki akses internet melalui konektivitas, maka akselerasi ekonomi digital di Tanah Air akan semakin baik.

Oleh karena itu, ia berharap perayaan ulang tahunnya yang ke-28 kali ini dapat menjadi langkah baik bagi seluruh anggota untuk menciptakan semangat kerjasama dalam pengembangan industri Internet serta mendorong percepatan transformasi digital di Indonesia.

APJII-Starlink Berkolaborasi Tingkatkan Akses Internet Indonesia

Tanggapan Menkominfo atas usulan PJI asing perlu menarik perusahaan dalam negeri

APJII: Pengguna internet Indonesia akan mencapai 79,5% pada tahun 2024

Koresponden: Harilvita Dharma Shanti
Diedit oleh: Zita Mirina
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *