jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 16, 2024

Jakarta (JurnalPagi) – Pengurus sepak bola nasional Mohammad Kusnaeni mengatakan penggunaan teknologi VAR di Liga 1 Indonesia harus dipersiapkan dengan baik dari segi infrastruktur dan sumber daya manusia agar hasilnya tidak mengecewakan berbagai pihak.

Usai panggilan, ia menyampaikan melalui pesan: “Saya menyarankan agar penerapan VAR di Liga 1 dilakukan secara hati-hati dan bijaksana. Tidak perlu terburu-buru hanya karena tekanan publik.” ada apa Di Jakarta, Minggu

Hal itu diungkapkannya menanggapi penerapan teknologi Video Assistant Referee (VAR) di Liga 1 Indonesia yang diawali uji coba di kompetisi sepak bola sekolah (SSB).

Kosnaeni mengatakan, tes VAR merupakan sebuah langkah maju bagi dunia sepak bola di Indonesia karena VAR telah menjadi salah satu standar pertandingan sepak bola profesional yang baik.

Namun dalam penerapannya di pertandingan Liga 1, pihak terkait harus memastikan persiapan menyeluruh, baik infrastruktur, teknologi, serta tenaga manusia yang menjalankannya.

“Itu yang paling penting,” katanya.

Idealnya, kata dia, VAR bisa diterapkan pada musim kompetisi mendatang, sehingga uji coba di pertandingan nonkompetitif bisa mulai dievaluasi secara serius.

Eric Sebut Sepak Bola Indonesia Akan Lebih Baik dengan VAR

Dia berkata: Pada saat yang sama, dengan meningkatnya pelatihan intensif dan sertifikasi, tenaga kerja juga diperkuat.

Aspek tenaga sangat penting karena setidaknya ada sembilan pertandingan yang dimainkan secara bersamaan di Ligue 1 setiap pekannya.

Artinya, dibutuhkan puluhan wasit bersertifikasi VAR. Belum lagi promosi dan degradasi. Wasit VAR yang kinerjanya kurang baik sebaiknya diganti dengan wasit VAR cadangan yang diharapkan lebih baik lagi,” ujarnya.

Kusnai mengatakan, faktor tenaga kerja merupakan hal yang krusial dalam penerapan VAR sehingga perlu dipersiapkan secara matang dan serius.

Ia mengatakan: “Jangan sampai masyarakat kecewa karena kehadiran VAR tidak membantu meningkatkan kualitas pertandingan. Pastikan jika VAR diterapkan di Ligue 1 itu karena kami benar-benar siap.”

PSSI akan sosialisasikan pemeriksaan VAR kepada seluruh peserta Ligue 1

Koresponden: Aloysius Levukda
Redaktur: Hernavan Vahiodono
Hak Cipta © JurnalPagi 2024