jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juli 24, 2024

Jakarta (JurnalPagi) – Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) menemukan ribuan serangan Pengelabuan di domain “.id” pada kuartal ketiga tahun 2022.

Dalam konferensi pers virtual, Selasa, Ketua PANDI Yudo Jiri Sukahio mengatakan, dalam dua tahun terakhir banyak pelaku kejahatan yang menggunakan domain “.id”. Pengelabuanperubahan dari penggunaan domain “.com” sebelumnya.

Indonesia Anti-Phishing Data Exchange Report (IDADX), bagian PANDI untuk mempertahankan domain “.id” yang digunakan sebagai website Pengelabuan, menemukan 7.988 serangan phishing pada kuartal ketiga tahun 2022. 181 situs unik dengan domain “.id” digunakan untuk serangan. Pengelabuan pada periode itu

IDADX menemukan serangan Pengelabuan Di Indonesia akan meningkat setiap tiga bulan pada tahun 2022. Pada kuartal pertama, lembaga itu menemukan 1.613 serangan. Pengelabuan pada domain “.id”, sedangkan pada triwulan kedua sebanyak 4.902.

“Rata-rata website yang menjadi korban adalah subdomain,” ujar Yodo.

PANDI menemukan bahwa masih ada administrator yang fokus untuk menjaga domain utama, sedangkan subdomain tidak terawat dengan baik sehingga para penjahat dunia maya dapat melihat celah tersebut dan mengeksploitasinya. Pengelabuan.

PANDI juga melihat adanya perubahan pola serangan Pengelabuandi kuarter ketiga ofensif Pengelabuan Sebagian besar ditujukan kepada instansi pemerintah (68 persen). Sedangkan pada triwulan sebelumnya, menurut PANDI, terjadi serangan Pengelabuan Itu terjadi di sektor keuangan, termasuk teknologi keuangan.

pergeseran serangan Pengelabuan Salah satunya karena Indonesia menjadi tuan rumah KTT G20 tahun ini.

Temuan lain dari kuartal ini adalah penyalahgunaan protokol HTTPS untuk situs web oleh penjahat dunia maya Pengelabuan. Pada 2019, menurut PANDI, protokol HTTPS tidak digunakan oleh operator. Pengelabuan.

Selama lima tahun terakhir, IDADX PANDI telah menemukan sebanyak 34.622 laporan Pengelabuan di domain “.id”.

OJK Peringatkan Waspada Kejahatan “Skimming, Phishing” hingga “Soceng”.

PANDI Sebut Ada 5.579 Laporan Phishing di Q2 2022

Apple memberi Google solusi untuk masuk ke platform utama tanpa kata sandi

Diedit oleh: Aida Nurjahani