jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 16, 2024

Medan (JurnalPagi) – Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Mohajer Effendi (Menko PMK) berjanji akan membangun tangki penampungan air di Desa Belawan Bahari, Medan Belawan.

Mohajer yang didampingi Plt Gubernur Sumut Hasanuddin dan Wali Kota Medan Babi Nasutun di Medan, Sabtu, mengatakan, “Kemudian akan dibangun tangki penampungan air bersih di kawasan ini agar warga bisa memanfaatkannya untuk kebutuhan sehari-hari.

Lanjut Mohajer, selain itu, dalam dialog dengan warga Desa Balavan Bahari, rumah warga yang kondisinya tidak layak huni juga akan diperbaiki.

Diakui Menko Koordinator, penataan wilayah dilakukan dalam rangka mengentaskan kemiskinan ekstrem di Desa Balavan Bahari dengan pendekatan lingkungan hidup.

Organisasi ini terlaksana bekerjasama dengan Pemerintah Kota Madan, bersama Kementerian Pembangunan Manusia dan Kebudayaan serta kementerian terkait lainnya guna meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan warga.

Hal ini mencakup sejumlah aspek, antara lain saluran drainase dan normalisasi drainase, pembangunan air bersih, dan pengurangan penggunaan kembali dan daur ulang (TPS3R) tempat pengolahan sampah.

Kemudian pengerjaan paving block jalan, vegetasi, lampu jalan, ruang terbuka hijau, penjemuran ikan, penataan rumah tidak layak huni, dan pembangunan infrastruktur pengendali banjir rob.

Diketahui, Desa Balavan Bahari merupakan salah satu wilayah paling utara Kota Madan dan setiap bulannya rawan terjadi bencana banjir rob yang menerjang sebagian besar pemukiman warga.

“Nanti rumah-rumah yang tidak layak akan kami perbaiki. Bahkan, kami juga akan membangun apartemen agar masyarakat kami bisa hidup lebih baik, lingkungan lebih sehat dan nyaman. Pesan kami, jika ini dilakukan, harap berhati-hati. .jadilah,” kata imigran itu

Usai perbincangan, Mohajer bersama Hasanuddin dan Babi Nasution menyerahkan bantuan pangan cadangan pangan pemerintah berupa beras 10 kilogram kepada perwakilan yang berada di halaman Kecamatan Balwan Bahari.

Mereka juga menyempatkan diri mengunjungi pusat penanganan kemiskinan ekstrem di Kelurahan Hasht, Desa Balavan Bahari, Kecamatan Medan Balavan.

Ada dua rumah yang diperbaiki dan direvisi, yakni rumah Jasmi dan Roslina. Kedua warga tersebut mengucapkan terima kasih atas perhatian pemerintah.

Menko PMK Ucapkan Terima Kasih kepada Wali Kota Madan yang Melaksanakan Pengobatan Gratis Menggunakan KTP

Menko PMK menyerahkan bantuan pangan CPP kepada KPM di kota Madan.

Koresponden: Mohammad Saeed
Redaktur: Budi Suyanto
Hak Cipta © JurnalPagi 2024