jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juli 24, 2024

Menyadari potensi luar biasa dari usaha kecil dan menengah lokal

Jakarta (JurnalPagi) – Sepanjang tahun 2022, Shopee akan terus berupaya membuka peluang dan kesempatan bagi lebih banyak lagi masyarakat Indonesia untuk memasuki ekonomi digital yang terus berkembang.

Tidak hanya menghubungkan vendor dengan pelanggan, tetapi juga membantu meningkatkan keterampilan digital masyarakat melalui berbagai inisiatif strategis dengan pemerintah daerah dan pusat.

Berikut beberapa inisiatif yang dilakukan Shopee untuk mendorong ekonomi digital, seperti yang disampaikan dalam siaran pers Shopee pada Selasa di Jakarta.

Shopee Adakan Pesta Akhir Tahun “12.12 Birthday Sale”

Menciptakan generasi yang berdaya saing global


Pada Januari 2022, Shopee bermitra dengan pemerintah Jawa Barat untuk memberikan pelatihan kurikulum bisnis digital kepada 26.000 siswa sekolah kejuruan di seluruh Jawa Barat.

Bahkan induk perusahaan Shopee, Sea Group Indonesia, menyediakan wadah bagi talenta-talenta digital di Indonesia untuk menyalurkan kemampuannya melalui Sea Labs Indonesia yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Maret lalu.

Selain itu, kampus Shopee UMKM merangkap sebagai pusat pelatihan UMKM tahun ini dan kini hadir di Jawa, Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, dan Bali. Dalam setahun, Kampus Shopee telah mengadakan lebih dari 2.000 kelas pelatihan untuk pelatihan UMKM.

Menyadari besarnya potensi UKM lokal, Shopee pun memberdayakan lebih banyak lagi UKM lokal untuk bersaing secara global melalui Program Ekspor Shopee.

Shopee 11.11 Big Sale Menghadirkan Lebih Banyak Peluang dan Interaksi

Pada 2022, jumlah produk UMKM Indonesia yang diekspor Shopee akan lebih dari 6 kali lipat jumlah penonton pertandingan sepak bola di Qatar. Tahun ini, Shopee juga memperluas tujuan ekspornya ke Amerika Latin dan Asia Timur.

Bekerja sama dengan pemerintah kota Surakarta, Shopee juga berhasil memboyong ribuan produk UMKM ke ajang global Juni lalu melalui Java Activity di Paris.

Sebuah kampanye untuk membantu pengusaha yang mampu

Dukungan bagi perusahaan kecil dan menengah untuk fleksibilitas yang lebih besar selama tahun 2022 juga diberikan melalui berbagai kampanye khusus seperti 3.15 Hari Belanja Konsumen, Ramadhan Big Sale, 9.9 Super Shopping Day, 11.11 Big Sale, 12.12 Birthday Sale.

Kosmetik dan peralatan rumah tangga menjadi kategori UMKM terpopuler di tahun 2022, dengan produk yang paling banyak dibeli oleh pengguna di setiap kampanye khusus.

Di sisi lain, kebutuhan akan produk fashion muslim dan makanan cepat saji juga paling banyak diminati dalam kampanye penjualan besar Ramadhan.

Kisah Pengembangan Furnitur Lokal Oleh Usaha Kecil Menengah Menggunakan Digitalisasi

Fitur baru dan halaman interaktif


Shopee hadir dengan berbagai fitur interaktif dan halaman baru untuk memberi pengguna pengalaman belanja yang menarik dan membantu pengusaha bertahan.

Fitur Video Shopee yang dapat digunakan untuk membuat video pendek. Fitur ini juga membantu meningkatkan penjualan seller dengan program gratis ongkos kirim Rp 0.

Kemudian fitur Shopee Live yang memungkinkan penjual untuk membuat pertemuan saat ini dan mempromosikan toko dan produk langsung ke pembeli. Kini menghadirkan fitur “Orange Cart” yang memudahkan pembeli untuk membeli produk selama sesi. Hidup.

Jokowi bertemu dengan UKM Bali yang ekspornya menembus tujuh negara

Kemudian ada Shopee Tanam yaitu permainan virtual menanam dan menanam benih dengan hadiah yang dipilih oleh pengguna. Bukan iseng-iseng saja, karena tahun ini ada 3.500 bibit pohon virtual yang dipanen di Shopee Tanam yang ditanam di Jakarta dan Jawa Barat.

Fitur lainnya adalah Shopee Barokah, halaman baru produk halal yang mendukung gaya hidup muslim. Dilengkapi dengan berbagai fitur termasuk pengecekan jadwal sholat. Sejauh ini, lebih dari 50.000 orang memeriksa jadwal sholat setiap hari.

Terakhir ada Shopee Pilih Lokal yang merupakan halaman untuk menjual produk lokal. Pengguna yang mengunjungi halaman Shopee Pilih Lokal lebih dari 20 kali jumlah wisatawan yang datang ke Bali.

Inspiratif kegiatan seru untuk merayakan akhir tahun

Inspirasi dari gaya fesyen ikonik, seperti bintang film favorit Anda

Shopee Adakan Pesta Akhir Tahun “12.12 Birthday Sale”

Pemberita: Maria Rosari dei Putri