jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juli 25, 2024

Mengonsumsi makanan yang bervariasi dan bergizi seimbang merupakan kunci untuk memberikan nutrisi yang optimal bagi tubuh, termasuk menjaga kesehatan kulit.

Setiap orang mendambakan memiliki kulit dan wajah yang sehat. Untuk menjaga kesehatan kulit dan wajah, banyak orang yang menggunakan produk perawatan kulitSelain perawatan di klinik kecantikan.

Laporan dari halaman HealthGuide, perawatan kulit Merupakan kumpulan produk perawatan kulit yang digunakan secara rutin untuk merawat dan melindungi kulit.

Di Indonesia, penggunaan produk kecantikan mengalami peningkatan dalam beberapa tahun terakhir. Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan industri kosmetik tumbuh sebesar 5,59% pada tahun 2020 dan diperkirakan tumbuh sebesar 7% pada tahun 2021.

Kulit yang sehat dan terlindungi tidak hanya bisa didapat dari penggunaan saja perawatan kulit Namun Anda juga perlu menjaga kebersihan kulit, istirahat yang cukup, rutin berolahraga, dan menjaga kesehatan dalam dengan rajin mengonsumsi sayur dan buah.

Menurut laman Ayo Sehat Kementerian Kesehatan, mengonsumsi makanan yang bervariasi dan bergizi seimbang menjadi kunci memberikan nutrisi yang optimal bagi tubuh, termasuk menjaga kesehatan kulit. Vitamin A, B, C, D, E, zinc, dan selenium merupakan nutrisi penting dalam menjaga fungsi dan kesehatan kulit.

Selain sebagai sumber vitamin dan mineral, sayur dan buah juga merupakan sumber antioksidan yang melindungi, mencegah dan memulihkan sel dari kerusakan akibat radikal bebas seperti polusi dan sinar ultraviolet.

Ketahui beberapa jenis buah-buahan yang mengandung nutrisi baik dalam menjaga kesehatan kulit dan bisa menjadi alternatif perawatan kulit Anda berada di rumah Anda bisa mengkonsumsinya langsung atau menghancurkannya menjadi jus.

  1. Anggur

Anggur kaya akan antioksidan dan vitamin C. Antioksidan berfungsi menjaga kesehatan kulit karena berperan penting dalam melindungi tubuh dari efek radikal bebas yang dapat menimbulkan berbagai penyakit.

Menurut George Mateljan Foundation, setiap 100 gram buah anggur mengandung 25 unsur nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti vitamin C, vitamin A, potasium, kalsium, dll, sehingga dapat dikatakan buah anggur mempunyai nilai gizi yang luar biasa.

Anggur terbukti mengandung senyawa fitokimia yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, seperti flavonoid, fenol, dan resveratrol. Senyawa ini berperan dalam mencegah kerusakan akibat radikal bebas seperti penuaan dengan menghasilkan radikal yang lebih stabil.

  1. oranye

Jeruk mengandung sumber vitamin C alami yang sangat besar. Oleh karena itu, jeruk menjadi salah satu buah yang efektif membantu mencerahkan kulit kusam dan juga menjaga kelembapan kulit dari dalam. Mengonsumsi buah jeruk juga membantu tubuh memproduksi kolagen alami yang membantu mencegah penuaan dini.

Ahli gizi yang berbasis di New York, AS, Cynthia Sass, menyarankan cara mengonsumsi jeruk yang sehat. Selain dimakan daging buahnya atau dihancurkan menjadi air, jeruk juga bisa diperas lalu dicampur dengan air dan daun mint atau jahe.

Untuk kelembutan, kekencangan dan keremajaan kulit, disarankan untuk mengonsumsi setidaknya setengah buah jeruk sehari.

  1. timun

Mentimun merupakan salah satu buah yang sering dijadikan lalapan. Kandungan mentimun sebagian besar adalah air, sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Selain itu, timun juga mengandung nutrisi yang kaya akan antioksidan, vitamin C, dan vitamin K.

Konsumsi timun secara rutin dapat mengatasi beberapa permasalahan kulit seperti keluhan kulit gelap, hiperpigmentasi, jerawat, dehidrasi serta membantu mengurangi mata panda dan bengkak.

  1. lemon

Lemon juga merupakan buah yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Lemon banyak digunakan sebagai bahan produk kecantikan dan perawatan kulit.

Kandungan dalam lemon dapat membantu mencerahkan kulit, menyembunyikan tanda-tanda penuaan, dan membantu memudarkan bekas jerawat. Lemon juga bermanfaat sebagai bahan alami dalam mengurangi kerusakan sel kulit akibat paparan sinar UV.

  1. Kaki

Pepaya memang dikenal dapat mengatasi masalah pencernaan, namun buah ini juga bisa dijadikan alternatif untuk mengatasi masalah kulit. Pepaya kaya akan vitamin A, B, C dan antioksidan sehingga terbukti membantu menjaga kesehatan kulit.

Manfaat pepaya untuk kesehatan kulit antara lain membantu mencerahkan kulit kusam, menjaga kadar air di pori-pori, dan mempercepat pemulihan sel kulit rusak akibat jerawat atau jaringan parut.

Menurut laman P2PTM Kementerian Kesehatan, pepaya juga dapat membantu menurunkan kolesterol, menurunkan risiko kanker, menurunkan risiko penyakit jantung, melindungi liver dan memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga baik bagi penderita diabetes.

  1. semangka

Semangka memiliki kandungan air yang tinggi sehingga dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi. Dengan mengonsumsi cairan yang cukup, tubuh memberikan efek baik bagi kesehatan kulit, diantaranya kulit menjadi lebih lentur, segar dan lembab.

Nutrisi pada buah semangka bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jaringan kulit, menunda penuaan, memperbaiki tekstur kulit dan melindungi kulit dari bahaya radikal bebas. Nutrisi tersebut antara lain vitamin A, B1, B6, C dan likopen yang dianggap sangat tinggi.

Semangka juga cukup ramah bagi Anda yang sedang diet karena semangka tidak mengandung lemak dan juga rendah gula.

  1. nanas

Nutrisi pada nanas antara lain vitamin A, vitamin C, vitamin K, dan mineral dapat membantu menjaga kulit tetap bersih dan sehat. Nanas juga diketahui kaya akan bromelain yang memiliki sifat anti inflamasi sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan luka.

Manfaat lain dari konsumsi nanas secara rutin adalah dapat mengurangi sel kulit mati, jerawat dan hiperpigmentasi serta membantu mengencangkan kulit.

  1. buah mangga

Mangga tidak hanya terkenal dengan dagingnya yang lezat dan menyegarkan, tetapi juga mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan kulit. Mangga mengandung vitamin A, C dan E.

Konsumsi buah mangga secara rutin dapat membantu mempercepat penyembuhan luka, mengurangi peradangan jerawat, memudarkan bekas luka, dan membantu menyembunyikan garis-garis halus di wajah. Kulit pun tampak cerah alami.

Penulis: Tim editorial Mediacom