jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juli 22, 2024

PROKALTENG.CO – Perawatan kulit atau skin care adalah serangkaian tindakan dan produk yang digunakan untuk menjaga dan memperbaiki kondisi kulit manusia. Bagaimana cara menjaga kesehatan kulit wajah dengan menggunakan rangkaian produk perawatan kulit yang efektif dan optimal?

Padahal, tujuan penggunaan produk perawatan kulit adalah untuk merawat kulit kita agar tetap sehat, bersih, dan terlindungi dari berbagai permasalahan kulit. termasuk penuaan dini, jerawat, kemerahan, hiperpigmentasi dan dehidrasi.

Menurut masterclass.com, memiliki produk perawatan kulit saja tidak cukup jika tidak sesuai dengan kegunaan dan kebutuhannya pada kulit wajah.

Penggunaannya juga bisa berbeda-beda sesuai dengan jenis kulit, usia, dan masalah kulit spesifik lainnya. Produk perawatan kulit juga banyak sekali, yang masing-masing memiliki kegunaan dan manfaat yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan kulit.

Seperti produk perawatan kulit, pembersih, toner, serum, pelembab, dan tabir surya, bahkan ada praktik khusus yang disebut eksfoliasi dan masker wajah.

Langkah-langkah berikut digunakan untuk perawatan kulit yang baik dengan hasil yang luar biasa:

9 langkah menggunakan produk perawatan kulit

  1. Bersihkan dan cuci muka Anda

Gunakan pembersih wajah pada pagi dan sore hari sebelum mencuci muka untuk menghilangkan kotoran, minyak berlebih, dan riasan. Saat memilih produk perawatan kulit apa pun, termasuk pembersih wajah, sebaiknya Anda juga mempertimbangkan kondisi kulit Anda, apakah berminyak, normal, kering, sensitif, atau kombinasi.

Setelah itu cuci muka menggunakan sabun muka atau biasa disebut face wash, lalu oleskan sambil dipijat lembut dan jangan lupa bilas dengan air bersih.

  1. Gunakan toner

Aplikasikan toner yang berguna untuk menjaga keseimbangan PH kulit dengan cara dituangkan pada telapak tangan, kapas atau spray pada wajah.

Pasalnya kandungan dalam tonernya sendiri disesuaikan dengan kebutuhan kulit masing-masing, yaitu asam glikolat, asam hialuronat, atau ekstrak kemiri.

  1. Mencukur

Dilakukan satu atau dua kali seminggu dengan tujuan mengangkat sel kulit mati dan membersihkan pori-pori. Dan sekali lagi, sebaiknya pilih produk yang sesuai dengan kondisi kulit Anda.

  1. Penggunaan serumnya

Saat menggunakan serum pada pagi dan sore hari, sebaiknya perhatikan kandungan yang ada di dalamnya, seperti serum yang mengandung antioksidan seperti vitamin C cocok digunakan pada pagi hari.

  1. krim mata

Gunakan untuk mengatasi masalah seperti lingkaran hitam, bengkak, atau garis hitam. Kemudian pilih krim mata yang mengandung peptida, retinol, dan asam hialuronat.

  1. Pelembab

Pelembab berguna untuk menghidrasi kulit dan mengunci seluruh lapisan produk yang diaplikasikan. Kemudian pilihlah pelembap yang sesuai dengan jenis kulit Anda, misalnya yang bertekstur gel untuk kulit berminyak atau kulit kering.

  1. Tabir surya

Atau yang biasa disebut dengan tabir surya, pakailah tabir surya dan pilihlah yang memiliki SPF minimal 30 untuk melindungi kulit dari sinar UV.

Jangan lupa untuk mengoleskan tabir surya setiap dua jam sekali, terutama jika Anda sering beraktivitas di luar ruangan.

  1. Masker (1-2 kali seminggu)

Tambahkan juga masker berdasarkan kebutuhan kulit, baik untuk hidrasi, pengobatan jerawat, atau pencerah kulit.

  1. krim malam

Terakhir, gunakan krim malam atau pelembab yang lebih kental untuk memberikan kelembapan ekstra pada kulit Anda untuk beregenerasi saat Anda tidur. Dan carilah bahan-bahan seperti peptida, ceramide, atau asam hialuronat.

Semua langkah di atas juga harus diintegrasikan, karena penting untuk menguji produk baru sebelum memasukkannya ke dalam rutinitas perawatan kulit Anda.

Selain itu, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau dokter spesialis kulit untuk menyesuaikan rutinitas perawatan kulit Anda berdasarkan masalah dan kebutuhan spesifik kulit wajah. (pri/jawapos.com)