jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juli 22, 2024

gambar kehamilan

SUBANG, TINTAHIJAU.com – Kehamilan memang membawa momen indah, namun seringkali perubahan hormonal dapat mempengaruhi kulit wajah. Jerawat, flek hitam, dan kulit kusam mungkin menjadi tantangan baru bagi ibu hamil.

Namun perlu diingat bahwa tidak semua produk perawatan kulit aman selama kehamilan. Beberapa bahan dapat mempengaruhi janin, jadi memilih perawatan kulit yang tepat adalah kuncinya.

Menurut Medical News Today, ada beberapa bahan perawatan kulit yang sebaiknya dihindari ibu hamil. Beberapa diantaranya adalah retinoid, asam salisilat dosis tinggi, hidrokuinon, ftalat, formaldehida, tabir surya kimia seperti oksibenzon dan benzoil peroksida. Zat-zat tersebut dapat memberikan efek ringan hingga berat pada janin.

Namun jangan khawatir, masih banyak produk perawatan kulit yang aman untuk ibu hamil dan menyusui. Berikut beberapa tips perawatan kulit yang bisa membuat ibu hamil tampil menarik tanpa mengorbankan keselamatan janin:

1. Hidrasi maksimal: asam hialuronat dan ceramide

Kulit kering dan sensitif bisa menjadi masalah selama kehamilan. Untuk mengatasi masalah tersebut, gunakan produk perawatan kulit yang mengandung asam hialuronat dan ceramide. Asam hialuronat bertindak sebagai penyerap kelembapan, sedangkan ceramide memperkuat pelindung kulit. Kedua zat ini aman untuk ibu hamil dan menyusui.

2. Melawan jerawat dengan lembut: asam salisilat dan seng oksida

Jerawat hormonal sering muncul saat hamil. Untuk mengatasi masalah tersebut, gunakan asam salisilat dalam konsentrasi rendah (sampai 2%). Kombinasikan dengan zinc oxide untuk mengurangi peradangan dan mengontrol minyak berlebih. Keduanya aman digunakan saat hamil, namun jangan lupa untuk menggunakan tabir surya.

3. Mencerahkan kulit wajah: vitamin C dan niacinamide

Hiperpigmentasi dan melasma merupakan masalah umum yang dialami ibu hamil. Gunakan produk perawatan kulit yang mengandung vitamin C dan niacinamide untuk mencerahkan kulit. Kedua bahan ini tergolong aman, namun sebaiknya konsultasikan dengan dokter jika Anda memiliki kondisi kulit tertentu.

4. Perlindungan matahari: seng oksida dan titanium dioksida

Tabir surya sangat penting selama kehamilan. Pilih produk yang mengandung seng oksida dan titanium dioksida. Keduanya non-kimia dan aman untuk ibu hamil. Gunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi dan aplikasikan kembali setiap dua jam, terutama setelah berenang atau berkeringat.

Memilih perawatan kulit yang aman saat hamil merupakan langkah penting untuk menjaga kesehatan kulit dan janin. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan produk baru dan nikmati kehamilan dengan kulit sehat dan bercahaya.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

Ikuti SOCMED:
FB & IG : TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
Email: red.tinta [email protected]