jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 14, 2024

Setiap menjelang pertandingan akan ada sosialisasi (VAR).

Bogor (JurnalPagi) – Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) akan melakukan sosialisasi VAR (Video Assistant Referee) kepada pemain, pelatih, ofisial, dan tim peserta BRI Liga 1 2023/2024.

Periksa atau VAR memeriksa Prosedur wasit adalah memeriksa kejadian di net.

Hal ini mencakup penentuan gol sah atau tidak sah, peninjauan penalti atau non-penalti, potensi pelanggaran yang berpotensi menimbulkan kartu kuning atau kartu merah, dan kesalahan yang diidentifikasi oleh wasit atau hakim garis.

“Akan ada sosialisasi (VAR) tiap jelang pertandingan. Tadi biasanya kita sosialisasikan saja untuk pertandingan, nah kali ini pasti serius. Jadi, sasarannya pasti pemain, pelatih, ofisial tim, dan manajemen anggota. , kata Wakil Presiden PSSI Ratu Tisha di Lapangan JSI, Resort, Megamendung, Bogor, Sabtu.

Operator Liga PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) dan PSSI sedang melakukan uji coba penerapan Video Assistant Referee (VAR) tahap ketiga.

Tes PT LIB dan PSSI Pakai VAR di Bogor

Delapan kamera yang dipasang di sejumlah titik lapangan digunakan dalam uji coba yang mempertandingkan klub sepak bola sekolah (SSB) setempat.

Nantinya, simulasi tahap ketiga ini akan menjadi bagian dari proyeksi penggunaan VAR untuk Ligue 1 2023/2024.

Ratu Tisha menjelaskan, saat ini penerapan VAR masih harus melalui beberapa tahapan, salah satunya tahap persetujuan akhir dan evaluasi wasit dan asisten wasit VAR yang disediakan FIFA.

“Untuk tugasnya, mereka masih menunggu persetujuan FIFA sebagai penilaian akhir sehingga mereka (wasit) selanjutnya akan melakukan pertandingan uji coba. Rencananya FIFA akan berada di sini antara tanggal 1 hingga 8 Maret untuk melihat latihan persiapan akhir. Divisi 1 ( Hakim) kata Ratu Tisha.

VAR bisa diterapkan pada Seri Kejuaraan BRI Liga 1 2023/2024 pada 4-26 Mei.

Total Enam Peserta Lolos Seleksi Evaluasi Wasit PSSI

Koresponden: Fajar Satrio
Editor: Jafar M. Siddique
Hak Cipta © JurnalPagi 2024