Pratinjau Piala Dunia 2022: Spanyol vs Kosta Rika

JAKARTA (Antara) – Tim muda Spanyol asuhan pelatih kepala Luis Enrique melakukan debut internasional mereka pada Rabu melawan tim berpengalaman dan veteran Kosta Rika dalam pertandingan pembuka Grup E mereka di Piala Dunia Qatar.

Kapten Sergio Busquets menjadi satu-satunya pemain yang tersisa dari tim yang menjuarai Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, yang saat itu diasuh oleh pelatih Vicente del Bosque. Luis Enrique kini akan mengandalkan pemain muda untuk membuat keributan di Qatar.

Tiga tahun setelah membangun kembali setelah penampilan buruk di Brasil pada 2014 dan kemudian di Rusia pada 2018, ada petunjuk bahwa mantan bintang Barcelona dan Real Madrid itu sedang membangun apa yang akan menjadi kekuatan dominan dalam sepakbola dunia untuk tahun-tahun mendatang.

Ayah yang masih berusia 19 tahun, Gavi yang lebih muda lagi di usia 18 tahun dan Fran Torres Catalan di usia 22 tahun adalah tiga wajah muda Spanyol yang membuat tim ini tak pernah kehilangan daya tariknya.

Luis Enrique, yang memimpin Spanyol ke semifinal Euro 2020 hanya untuk kalah adu penalti dari Italia yang akhirnya menjadi juara, telah memilih 14 pemain berusia 25 tahun ke bawah. Ini menjadikan Spanyol salah satu dari tiga tim dengan regu termuda rata-rata.

“Kami adalah tim dengan banyak hal di depan kami. Kami masih sangat muda,” kata Torres seperti dikutip dari Reuters.

Kami akan mencoba yang terbaik untuk mendapatkan hasil dan jika kami bisa, kami akan melanjutkan. “Bahkan jika kami tidak berhasil, kami akan tampil dengan kepala tegak.”

Berbeda dengan Kosta Rika. Tim Amerika Tengah yang menggelar Piala Dunia keenamnya ini memang sarat dengan pemain-pemain senior berpengalaman.

Enam dari skuad mereka adalah mantan suporter Piala Dunia 2014, saat Kosta Rika lolos dari grup maut yang diisi Italia dan Inggris. Semuanya berusia minimal 30 tahun, termasuk penyerang Bryan Ruiz, yang berusia 37 tahun.

Tim besutan pelatih Kolombia Luis Fernando Suarez dikenal sebagai tim yang bagus, hanya kebobolan 8 gol di kualifikasi Piala Dunia. Tapi mereka tajam dalam serangan balik, yang nyaris dihindari oleh bek Spanyol berusia 33 tahun Cesar Azpilicueta.

Namun usia juga bisa menjadi faktor berbahaya bagi Kosta Rika. Kiper Keylor Navas tidak memainkan pertandingan kompetitif untuk Paris Saint-Germain dalam lima bulan setelah digantikan oleh Gianluigi Donnarumma.

Luis Enrique Jelaskan Soal Keputusan Jose Gaya Kembali
Milla Prediksi Kiprah Spanyol di Piala Dunia 2022
Kosta Rika teken tiket Piala Dunia 2022 dengan mengalahkan Selandia Baru

Berikutnya: Memprediksi starting eleven

 

Editor: Dadan Ramdani
Hak Cipta © ANTARA 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.