jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 25, 2024

Jakarta (JurnalPagi) – Presiden PSSI Mohamed Iriawan mengenang kesepakatan klub-klub untuk membangun timnas Indonesia yang tangguh, khususnya dalam menghadapi berbagai turnamen internasional, salah satunya Piala AFF 2022.

“Saya mengundang semua orang Pemegang saham Sepakbola, khususnya pemilik klub, mari bergotong royong untuk kepentingan bangsa dan negara. “Kami sedang membangun tim nasional kami yang kuat.”

Menurutnya, lanjutan Liga 1 2022/2023 yang sudah dimulai, merupakan sarana untuk melanjutkan kebangkitan sepak bola nasional sekaligus kepentingan timnas dalam menghadapi berbagai turnamen internasional.

Ivan Boleh, alias Iriyavan, mengenang hal itu sudah menjadi komitmen sekaligus kesimpulan bersama melalui rapat koordinasi terkait penyelenggaraan Liga 1 yang digelar Kemenpora, PSSI, PT LIB, kepada pemilik klub Liga 1 pada 28 November mendatang. .

Ia mengatakan, Tak hanya dalam rapat koordinasi yang digelar dengan dihadiri pemilik klub dari 18 peserta League One, mereka juga sepakat mendukung penuh pembentukan timnas tangguh baik dewasa maupun kelompok usia Indonesia. Tim

Saat mengawal pemusatan latihan timnas senior (TC) di Bali, Ivan Boleh mengatakan, “Kami akan mendukung para turis Abimanyu untuk meraih gelar, terutama di Piala AFF nanti dan prestasi di ajang internasional lainnya.” Mulai 28 November 2022.

STY pindahkan masalah pemanggilan pemain era TC ke Manpura Indonesia
PSSI ingatkan komitmen klub kirim pemain ke timnas di Piala AFF

Ternyata, Indonesia belum pernah sekalipun menjuarai Piala AFF dan pencapaian terbaik mereka sejauh ini di ajang dua tahunan tersebut adalah enam penampilan sebagai pemenang kedua

PSSI dan pelatih Shin Tae-yung sangat paham bahwa turnamen AFF tidak masuk dalam agenda FIFA, apalagi timnas senior selama ini belum pernah memainkan TC panjang. Dengan kata lain, pemain dikumpulkan hanya selama periode pertandingan FIFA.

Ketika turnamen dihentikan setelah bencana Kanjurohan dan tidak ada kepastian untuk melanjutkan turnamen, Shin Tae-yong datang dengan sebuah rencana. Peta jalan TC jangka panjang untuk menghadapi AFF 2022, dengan asumsi beberapa pemain tersebut tidak berlatih di klub akibat penangguhan liga.

Kemudian Shin Tae-yong pun memutuskan mempersingkat TC Timnas Indonesia U-20 di Turki dan Spanyol yang semula selesai pada 5 Desember, digantikan dengan melakukan TC Timnas senior karena kompetisi saat itu belum jelas.

Namun, Ligue 1 baru dipastikan akan dilanjutkan pada 5 Desember saat timnas senior TC diskors selama dua pekan.

Terkait hal tersebut, Direktur PT LIB Frei Paulos sebelumnya menegaskan bahwa pihak klub tidak akan menghalangi pemain untuk bergabung dengan Timnas Indonesia untuk membela negara.

“Sekarang 23 Desember Awal Piala AFF. Teman-teman klub sudah sepakat untuk tidak menghalangi pemain untuk bergabung dengan timnas Indonesia, dimana satu klub memiliki dua pemain dan tiga pemain.

PSSI: Pelatih Timnas Andrey Yerevan dan Somardji di Piala AFF 2022
Shin Tae-yung Sambut Kembali Liga 1 Indonesia
Manpura Belum Pastikan Piala AFF 2022 Bisa Ditonton di Stadion

Koresponden: Zahdiar Lais
Editor: Ervan Sohairondi