jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 14, 2024

Saya menghimbau kepada maskapai penerbangan yang beroperasi, terutama pada rute-rute yang sering terjadi pelanggaran keamanan.

Jakarta (JurnalPagi) – Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Commanhub) meminta maskapai penerbangan waspada pasca jatuhnya pesawat Wings Air PK-WJY ATR 72-600 di Dakai, Kabupaten Yahokimo, Dataran Tinggi Papua. Sabtu.

Christie Ende Moreni, Direktur Jenderal Perhubungan Udara, mengatakan: “Saya meminta kepada maskapai penerbangan, terutama pada rute-rute yang sering menghadapi kendala keamanan dan keselamatan penerbangan, untuk waspada dan berhati-hati serta meningkatkan koordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan.” Pernyataannya di Jakarta, Sabtu.

Pihaknya telah memerintahkan maskapai penerbangan yang beroperasi di wilayah kerja Bandara Zona X Merauke untuk lebih waspada dan waspada.

“Aku juga ingin melakukannya Identifikasi bahaya dan penilaian risiko “(HIRA) berkoordinasi lebih erat dengan Kepala Unit Pengelola Bandar Udara (UPBU), AirNav Indonesia dan pemangku kepentingan keamanan setempat untuk menjamin keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penerbangan,” kata Christie.

Diketahui wilayah Merauke

Salah satu penumpang mobil ini mengalami luka ringan akibat terbentur puing-puing kabin.

“Sudah dilakukan penggeledahan oleh satgas setempat, TNI, dan polisi. Kami akan menyiapkan surat edaran kewaspadaan dan mendirikan posko. Pemantauan kata Kepala Otoritas Bandara Merauke Wilayah X Asep K. Samapta di Merauke, Papua Selatan.

ASP menjelaskan, berdasarkan laporan waktu kejadian pada pukul 04:02 UTC, petugas Aviation Security Patrol (Avsec) melakukan pemeriksaan di landasan pacu dan posisi di dekat.

Kemudian pada pukul 04:17 UTC Wings Air PK-WJT mendarat di Bandara Nop Goliat Dakai. Setelah pesawat pemberhentian mobilkemudian diperoleh informasi adanya bekas peluru di sisi kiri pintu belakang pesawat.

Setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, PK-WJT terbang kembali menuju Bandara Mozes Kilangin Timika dan mendarat dengan selamat pada pukul 09.09 UTC atau 18.09 WIT.

KKB menembak jatuh pesawat Wing Air saat mendarat di Dhaka
Kabid Humas: Tiga Korban Penembakan KKB di Dhaka Baik-Baik Saja.

Koresponden: Benardi Fardian Sayah
Editor: Ahmed Wijaya
Hak Cipta © JurnalPagi 2024