Dokter: Jangan abaikan suara serak yang tidak kunjung sembuh

Jakarta (JurnalPagi) – Ahli THT dr. Ika Dewi Mayangsari, Sp.THT-KL(K), FICS mengimbau masyarakat untuk tidak mengabaikan gejala suara serak yang tidak kunjung sembuh atau membaik karena bisa jadi merupakan tanda tumor pita suara.

“Jadi mari kita abaikan suara serak yang sudah berlangsung lama dan obati dengan, katakanlah, antiseptik atau obat lain yang tidak kunjung sembuh. Jadi harus waspada,” lanjut RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo (RSCM) dalam kuliah virtual di Jakarta, Kamis.

Ia menegaskan, suara serak sebenarnya bisa disebabkan oleh berbagai kondisi. Namun dalam bidang onkologi kepala dan leher, penyakit yang harus diwaspadai adalah terjadinya tumor pada pita suara, mulai dari tumor kecil hingga tumor besar yang bersifat serius.

Ika menjelaskan, normalnya kondisi pita suara datar atau flat. Jika ada massa atau sedikit tumor di pita suara, gerakan pita suara terbatas atau gerakan dan getaran pita suara tidak lengkap.

Jika tumor didiagnosis dengan benar, ditambah kondisi tumor menjadi lebih besar atau termasuk tumor ganas, maka dikhawatirkan saluran napas akan tersumbat. Kalau itu yang terjadi, kata Ika, dokter akan berusaha menciptakannya jalan pintas Jalan napas dengan mencari rute lain atau trakeostomi.

“Karena saluran udara ke atas ditutup, itu harus dilakukan jalan pintas Ia berkata: Dengan mencari jalan lain, yaitu di depan leher, kami membuat jalur atau lubang yang terletak di bawah pita suara, yang berhubungan langsung dengan sistem pernapasan bagian bawah.

Pada tumor pita suara, selain suara serak dan kesulitan bernafas, gejala lain yang mungkin muncul antara lain benjolan di leher dan batuk darah.

Untuk diagnosis, kata Ica, diperlukan serangkaian pemeriksaan terhadap pasien, mulai dari riwayat penyakit atau riwayat kesehatan pasien, pemeriksaan fisik telinga, hidung dan tenggorokan, hingga pemeriksaan khusus pita suara menggunakan flexible fiber endoscope atau endoskopi fleksibel.

“Jika tumor ditemukan, maka dilakukan CT scan suportif Memindai Dengan kontras, serta mengambil biopsi atau sampel kecil jaringan tumor, kemudian diperiksa di bawah mikroskop untuk pemeriksaan patologi. “Lihat selnya, termasuk sel yang mengarah ke keganasan atau keganasan.”

Kanker Pita Suara Menargetkan Perokok

Dokter Paru: Batuk dan Sakit Tenggorokan, Gejala Umum Omicron

Sakit tenggorokan dan menggigil harus dicurigai COVID-19

Koresponden: Rizka Kharonisa
Diedit oleh: Zita Mirina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.