jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 16, 2024

Medan (JurnalPagi) – Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Mohajer Effendi mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Medan Babi Nesution yang telah menerapkan pengobatan gratis bagi warganya hanya dengan bermodalkan KTP.

Apresiasi tersebut disampaikan Mohajer Effendi, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, saat berbincang dengan warga Desa Balavan Bahari, Kecamatan Madan, Kota Balavan, Kota Madan.

Dalam segmen perbincangan yang disaksikan Plt Gubernur Sumut Hasanuddin dan Wali Kota Medan Bobby Nasoton, Mohajer bertanya kepada seorang warga mengenai kemitraan BPJS kesehatan.

Warga tersebut spontan menjawab, meski tidak masuk BPJS Kesehatan, ia bisa mendapatkan pengobatan gratis hanya dengan menunjukkan KTP Kota Madan.

Menko PMK menyerahkan bantuan pangan CPP kepada KPM di kota Madan.

Kenyamanan tersebut dirasakan warga Kota Medan karena ibu kota Provinsi Sumatera Utara ini telah menerapkan Program Jaminan Kesehatan UHC (Universal Health Coverage) Medan Berkah (JKMB) pada tahun lalu.

Mohajer yang spontan mengajak peserta berbincang setelah mendengar penjelasan warga mengatakan: “Semangati Wali Kota Madan Bobby Nasuyoun.”

Wali Kota Medan Bobby Nasution meluncurkan layanan kesehatan gratis dengan menunjukkan KTP Kota Medan yang merupakan program UHC JKMB di RSUD H Bachtiar Djafar pada 5 Desember 2022.

Menko PMK: Pembangunan lapangan di GOR Sumut berjalan baik.

Pemko Medan berhasil meraih UHC Award 2023 dari BPJS Kesehatan di Balai Sudirman Jakarta pada Rabu, 15 Maret 2023.

Data Dashboard Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sampai dengan 1 Maret 2023 menunjukkan capaian UHC kota Madan sebanyak 2.434.358 jiwa atau 96,33% dari jumlah penduduk sebanyak 2.527.050 jiwa.

Data Dinas Kesehatan Kota Medan menunjukkan sebanyak 7.499 warga Kota Medan telah memanfaatkan layanan kesehatan gratis program UHC JKMB hingga Juni 2023.

Mohajer Tekankan Kebijakan Bantuan Sosial untuk Masyarakat Tidak Mampu

Sebanyak 48 rumah sakit, 41 puskesmas dan 31 puskesmas pendukung siap memberikan pelayanan gratis kepada pasien melalui program JKMB UHC di wilayah Kota Madan.

Koresponden: Mohammad Saeed
Redaktur: Bambang Sotopo Hadi
Hak Cipta © JurnalPagi 2024