Indra Sjafri Pulangkan Lagi 3 Pemain Timnas U-19

JAKARTA, KOMPAS.com — Pelatih Indra Sjafri kembali memulangkan tiga pemain Timnas Indonesia U-19, Sabtu (3/5/2014). Ketiga pemain dipulangkan karena kendala teknis dan mental.
Tiga pemain yang dipulangkan kali ini adalah dua pemain rekrutan baru, Sukarno Andi Wijaya asal klub Persewangi dan M Hamdan Zamzani dari PSS Sleman, serta pemain rekrutan lama, Reza Pahlevi Sitorus.

"Untuk Martinus (pemain Pra-PON DIY) masih kami berikan kesempatan untuk menunjukkan kemampuannya," kata Indra di Jakarta, Sabtu.

Indra mengatakan bahwa memulangkan pemain yang sudah menjalani pemusatan latihan bukan perkara mudah. Ukurannya, sebut dia, standar yang sudah ditetapkan sebelumnya. 
Namun, kata Indra, berdasarkan pemantauan selama latihan, ketiga pemain dinilai kalah bersaing dengan pemain lain. Selain aspek teknik dan mental, ujar dia, kemampuan fisik juga menjadi syarat utama untuk tetap berada di tim yang dipersiapkan untuk Piala AFC 2014. 
Indra mengatakan, pencapaian di AFC 2014 juga merupakan pijakan untuk maju ke Piala Dunia U-20 2015. "Promosi dan degradasi sesuatu yang biasa dalam pemusatan latihan. Nanti pada akhirnya tim ini juga akan menciut lagi," kata dia.
Menurut Indra, pemulangan tiga pemain ini bukan kali terakhir yang akan dilakukan. "Tim pelatih pasti akan memulangkan lagi beberapa pemain yang tidak kompetitif," ujar dia.
Sebelum turun di Piala AFC U-19, Evan Dimas dan kawan-kawan terus digembleng dengan beberapa program yang telah disiapkan tim pelatih. Timnas Garuda Jaya saat ini menjalani pemusatan latihan di Lapangan SPH Karawaci Tangerang, Banten.

Untuk menguji kemampuan, anak asuh Indra akan menjalani beberapa pertandingan internasional. Timnas U-19 antara lain akan berhadapan dengan Timnas Myanmar di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta pada 5 Mei dan 7 Mei 2014. Rencananya, Timnas U-19 juga akan berhadapan dengan klub Liverpool U-18+.

Selain tiga pertandingan tersebut, Badan Tim Nasional hingga saat ini juga masih mencari lawan tanding lain bagi Timnas Indonesia U-19. Ada timnas dua negara masih dijajaki untuk melakukan pertandingan uji coba.
Sesudah uji coba internasional tersebut, Timnas Garuda Jaya juga dijadwalkan kembali melakukan Tur Nusantara Kedua, yang akan menghadapkan mereka dengan klub-klub daerah. Pada tur pertama, tim ini memenangi 10 pertandingan dan mencatat 3 kali seri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015
Show Buttons
Hide Buttons