TIMNAS INDONESIA MENANG 1-0 VS VILLAREAL

INILAHCOM, Valencia – Timnas Indonesia sukses mengakhiri rangkaian ujicoba di Spanyol dengan kemenangan usai menekuk Villareal B dengan skor tipis 1-0, Rabu malam (2/4/2014) WIB.

20131101_timnas-indonesia-vs-kirgistan_4672

Pemain Timnas Indonesia, Zulham Zamrun (kanan) berebut bola dengan penjaga gawang Kirgistan dalam pertandingan yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (1/11/2013). Indonesia menggelar laga persahabatan melawan Kirgistan sebagai persiapan menghadapi Timnas China dan Irak dalam pra Piala Asia 2015 pertengahan November mendatang. (TRIBUNNEWS/DANY PERMANA)

Melakoni laga ujicoba terakhir, skuad Garuda mendapat perlawanan sengit dari Villareal B yang berlaga di divisi Segunda La Liga Spanyol.

Setelah unggul cepat dimenit ketiga melalui gol Zulham Zamrun, anak asuh Alfred Riedl terus menerus mendapat tekanan sepanjang 90 menit waktu normal. Tim Merah Putih lebih banyak bertahan dan hanya sesekali melakukan skema serangan balik cepat.

Laga ini juga dimanfaatkan Alfred Riedl untuk memberikan kesempatan bertanding kepada semua pemain yang dibawanya, kecuali Rafael Maitimo yang mengalami masalah kebugaran.

Kemenangan ini menjadi yang kedua dari tiga uji coba yang telah dilakukan sejak berada di kota Valencia pada tanggal 23 Maret lalu. Sebelumnya, Tim Merah Putih juga memetik kemenangan tipis 1-0 atas timnas Andorra kemudian kalah 1-0 dari timnas Kuba.

Jalannya Pertandingan:

Mengambil inisiatif menekan sejak awal, timnas Indonesia unggul cepat di menit ketiga lewat gol Zulham Zamrun. Melakukan kerjasama satu-dua dengan Firman Utina, Zulham lolos dari jebakan offside. Ia langsung berhadapan dengan kiper lawan, tanpa kesulitan ia menempatkan bola ke pojok kiri gawang Villareal B.

Selepas gol Zulham Zamrun, Villareal B malah mendominasi laga. Indonesia seperti kehilangan konsentrasi dalam mengembangkan permainan. Para pemain timnas Merah Putih lebih banyak kehilangan bola.

Villareal B yang mengandalkan aliran bola-bola pendek merapat terbukti mampu membuat barisan pertahanan Merah Putih yang dikomandoi M. Roby bekerja keras.

Menit ke-26, Villareal B mendapat kesempatan tendangan bebas tepat di depan kotak penalti. Beruntung bagi Indonesia, bola masih melambung tinggi.

Peluang terbaik tim tamu hadir di Menit ke-39. Berawal dari kesalahan Zulkifli Syukur yang coba memberikan bola kepada kiper Choirul Huda menggunakan kepala, bola mampu dicuri Garcia.

Masuk ke sisi kanan kotak penalti Indonesia, Garcia melepaskan tendangan kaki kiri keras yang masih bisa dimentahkan Choirul Huda. Hingga turun minum tak ada gol tambahan tercipta.

Di babak kedua, pelatih Alfred Riedl menepati janjinya untuk melakukan rotasi besar-besaran dengan memasukkan delapan pemain sekaligus. Ferdinand Sinaga, TA Musafri, Slamet Nurcahyo, Bayu Gatra, Ricardo Salampessy, Supardi Nasir, Fahrudin, dan Novan Setia masuk di babak kedua.

Pad a10 menit awal babak kedua, Indonesia sempat memberikan ancaman berarti ke gawang tim lawan. Ferdinand Sinaga mendapat peluang memperbesar angka di menit ke-51, namun sepakannya membentur tubuh pemain belakang Villareal B.

Memasuki satu jam laga berjalan, Villareal lebih banyak melakukan serangan. Kolaborasi Arkam, Alfonso dan Garcia beberapa kali memaksa Choirul Huda melakukan penyelamatan gemilang di menit ke-70 dan menit ke-71.

Indonesia yang mengandalkan umpan panjang ke pertahanan tim lawan kerap terjebak offside.

Menit ke-82, Villareal B hampir saja menyamakan angka. Beruntung bagi Indonesia, tendangan keras Alfonso dari luar kotak penalti hanya membentur tiang gawang. Empat menit berselang giliran sepakan Arkam yang juga masih membentur mistar.

Hingga wasit meniup peluit panjang, skor 1-0 bagi Indonesia tak berubah.[yob]

Sumber:bola . inilah . com/read/detail/2088439/timnas-indonesia-sukses-tekuk-villareal-b

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015
Show Buttons
Hide Buttons