jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juli 25, 2024

Gerakan masyarakat jauh lebih dinamis

Jakarta (JurnalPagi) – Kementerian Komunikasi dan Informatika memprediksi peningkatan signifikan telekomunikasi pada libur Natal dan Tahun Baru.

Ismail, Kepala Direktorat Jenderal Pos dan Informatika, mengatakan dalam pers virtual: “Tahun ini kami mengalami lompatan yang relatif tinggi, apalagi ada perbedaan dibandingkan tahun sebelum wabah, sekarang gerakan orang menjadi jauh lebih dinamis.” Konferensi, Senin

Kementerian memperkirakan trafik telekomunikasi di Indonesia akan meningkat antara 3 hingga 17 persen dibandingkan hari biasa. Trafik telekomunikasi juga meningkat dibanding tahun ini.

Peningkatan tahun ini dibandingkan musim liburan Natal dan Tahun Baru tahun lalu diperkirakan antara 4 hingga 19 persen.

Kementerian Komunikasi dan Informatika mencatat tidak ada gangguan berarti pada Minggu Natal kemarin (25/12).

Ismail mengatakan: Semua kebutuhan telekomunikasi masyarakat dapat terpenuhi dengan baik oleh operator telepon seluler, dan kami berharap persiapan ini terus berlanjut hingga akhir tahun.

Menurut informasi Kementerian Komunikasi dan Informatika, operator telepon seluler meningkatkan kapasitas jaringan internet untuk liburan Natal dan Tahun Baru guna mengantisipasi peningkatan trafik telekomunikasi.

Telkomsel meningkatkan kapasitas internet dari 8,812GB/s menjadi 11,052GB/s untuk liburan Natal dan Tahun Baru, sedangkan Indosat Ooredoo Hutchison meningkat dari 5,4GB/s menjadi 7,2GB/s.

XL Axiata meningkatkan jaringan hingga 6GB/s dan Smartfren meningkatkannya dari 3,48GB/s menjadi 4,35GB/s.

Operator seluler juga mengoptimalkan kualitas dan kapasitas jaringan di tempat-tempat yang berpotensi kemacetan, seperti jalur mudik, pusat perbelanjaan, tempat wisata, dan tempat ibadah.

Kawasan pemukiman juga diharapkan menjadi tempat dengan penggunaan layanan telekomunikasi yang tinggi.

Untuk memenuhi kebutuhan internet, operator seluler BTS telah menambahkan ponsel di tempat-tempat ramai seperti rest area jalan tol dan tempat wisata.

Puluhan BTS Kemenkominfo saat ini beroperasi di Manggarai Timur, NTT.

Komnekominfo genjot digitalisasi desa wisata di Mangare Timur

Menkominfo ajak pemerintah daerah bantu percepat pemerataan akses internet.

Koresponden: Natisha Andarningtias
Editor: Alviansia Pesaribo