jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 20, 2024

… kenapa akhirnya kuliah di Qatar, … terinspirasi dari logo Qatar Foundation di Barcelona (baju).

Doha (JurnalPagi) – Sepak bola adalah sebuah industri, sebuah pernyataan yang validitasnya tidak dapat dibantah. Bahkan di level liga domestik Indonesia, di mana manajemen masih amburadul, sepak bola masih menjadi industri. Besar kecilnya tergantung ukurannya.

Presiden FIFA Gianni Infantino juga berkesempatan menunjukkan betapa besar nilai ekonomi sepak bola di hadapan para pemimpin G20.

Presiden Indonesia Joko Widodo mengambil kesempatan untuk berbicara ketika Infantino diundang untuk menghadiri makan siang para pemimpin negara dan delegasi pada KTT G20 di Bali, Indonesia, 15 November lalu.

“Anda semua mewakili negara-negara dengan ekonomi terbesar di dunia. Izinkan saya berbicara sedikit tentang ekonomi dan sepak bola, karena Anda mungkin tidak tahu bahwa produk domestik bruto sepak bola global mendekati $300 miliar,” kata Infantino. Waktu.

Sederet tokoh ekonomi inilah yang kemudian berhasil mengelabui Barcelona untuk menghancurkan tradisi yang telah berusia lebih dari satu abad itu.

Sejak Barcelona didirikan oleh campuran Swiss, Jerman, Inggris dan, tentu saja, Catalan di bawah Juan Gamper pada tahun 1899, secara konsisten tidak diperbolehkan. kaos olahraga Mereka “terkontaminasi” dengan nama-nama sponsor (sponsor), kecuali logo pabrikan pakaian yang menyempit sedikit di atas dada.

Hingga akhirnya pada tahun 2006, Barcelona mendonorkan wajahnya kaos olahraga Mereka menjadi wadah kampanye kemanusiaan dengan menyematkan logo United Nations International Emergency Fund for Children (UNICEF).

Kampanye UNICEF tampaknya menjadi pintu masuk keinginan Barcelona – klub yang diatur oleh keputusan pemungutan suara anggotanya – untuk mulai melihat nilai ekonomi dari wajah. kaos olahraga mereka

Oleh karena itu, pada Desember 2010, telah ditandatangani kesepakatan antara Barcelona dan Qatar Sports Investments (QSI), anak perusahaan Otoritas Investasi Negara Qatar, Otoritas Investasi Qatar (QIA), yang secara khusus berupaya untuk meningkatkan aset negara keluarga Al Thani di sektor olahraga. .

Barcelona mengumumkan kesepakatan senilai 150 juta euro selama kontrak lima tahun dari musim 2011/12, atau Las Blaugrana akan menerima 30 juta euro per musim. Angka tersebut berhasil memecahkan rekor nilai kesepakatan sponsorship kaos olahraga di masanya

Kesepakatan itu dicermati bukan hanya karena Barcelona akhirnya membuang tradisi besar mereka untuk sosok sponsor nominal, tetapi juga karena tuduhan tipuan QSI. Cuci olahraga untuk Qatar

Cuci olahraga Istilah yang digunakan untuk merujuk pada praktik peningkatan citra suatu negara, perusahaan, individu atau kelompok melalui olahraga.

Mungkin karena dakwaan Cuci olahraga Hal inilah yang membuat QSI mengadopsi nama Qatar Foundation kaos olahraga Barcelona diganti dalam dua musim pertama kesepakatan sponsor, sebelum digantikan oleh Qatar Airways, yang tetap berafiliasi dengan QSI.

Editor : Ahmad Zainal M