jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 16, 2024

Jakarta (JurnalPagi) – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Kabupaten Toba Rita Marlina Poltak Sitorus mengatakan Pameran Dagang Kerajinan Internasional (Inacraft 2024) bertujuan untuk menonjolkan keindahan berbagai produk kerajinan UMKM Kabupaten Toba di mata dunia.

Ajang Inacraft 2024 bertujuan untuk menyoroti kain tenun hasil produksi usaha kecil dan menengah yang diharapkan dapat dikenal tidak hanya di dalam negeri namun juga di luar negeri dan tentunya memiliki potensi pergerakan yang besar, kata Rita dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat. menciptakan perekonomian wilayah tersebut. .

Rita mengatakan, acara yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta pada 28 Februari hingga 3 Maret 2024 ini juga menampilkan kerajinan tangan asal Kabupaten Toba seperti tenun dan ulos sirara serta kerajinan ulos tumtuman hasil karya para penenun. Hal ini terlihat dengan sangat baik

Dikatakannya, “Apalagi saat ini penenun ulus di Toba sudah dikenal beberapa kementerian dan memang kita terkenal dengan tenunnya yang menggunakan gudugan.

Kunjungan Presiden Jokowi dan Ibu Iriana ke Inacraft 2024

Pertamina Umumkan 29 UMKM Teratas di Ajang Inacraft 2024

Menurutnya, acara ini juga merupakan langkah tepat untuk melestarikan budaya merajut agar tidak tergerus penggunaan mesin dalam produksi kain tenun, dan juga upaya peningkatan kualitas dengan bantuan Menteri Pariwisata. dan Ekonomi Kreatif. Dalam memberikan pelatihan pewarnaan alami kepada perusahaan kecil dan menengah.

Misalnya melalui pemberian pelatihan yang bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tentang cara mewarnai kain alami bagi usaha kecil menengah di Kabupaten Toba.

“Saya berharap kedepannya seluruh penenun Toba termasuk anak-anaknya terus berkembang dan berkembang. Istri Bupati Toba ini mengatakan: “Tenun Jedugan yang saya buat ini merupakan pakaian luar, dan diketahui banyak peminatnya. di dalamnya dapat digunakan tidak hanya pada upacara adat saja tetapi juga untuk aktivitas sehari-hari.”

Menanggapi hal tersebut, Agustina, Kepala Dinas Koperasi UKM Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Jasa Perindustrian Toba, mengatakan pihaknya juga berupaya mempromosikan produk kerajinan di Toba melalui pameran Inacraft 2024.

Produk-produk unggulan lainnya antara lain adalah gelang kunci Sarat, gelang tangan yang dibawa ke Samosir oleh para pedagang Toba.

“Sekarang melalui Kabupaten Toba, para penenun tidak hanya dikenal dengan Ulos Ragihotang yang dikenakan pada pesta pernikahan. Kini kita telah menambah produk turunannya seperti sangket dengan warna-warna natural, dan dengan para penenun Toba kita menjalin kerjasama untuk mensejahterakan perekonomian. .

Pameran Kerajinan Internasional (Inacraft 2024) merupakan pameran kerajinan tangan terbesar dan terlengkap di Asia Tenggara. Acara yang digelar di Jakarta ini dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo dan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki.

Pelaku UMKM Harapkan Ekspor, Bantuan Pelatihan

Pelindo: 16 UMK bantu perluas pasar ekspor lewat ajang Inacraft 2024.

Koresponden: Harilvita Dharma Shanti
Diedit oleh: Zita Mirina
Hak Cipta © JurnalPagi 2024