jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 14, 2024

Doha (JurnalPagi) – Pelatih timnas Portugal Fernando Santos menegaskan sama sekali tidak menyesal atas keputusannya mencadangkan megabintang Cristiano Ronaldo di laga perempat final Piala Dunia 2022 melawan Maroko.

Ronaldo akhirnya masuk enam menit memasuki babak kedua, tetapi Portugal tertinggal 1-0 dari Maroko, yang berhasil bertahan hingga peluit akhir di Stadion Al Thumama Doha pada Sabtu malam.

Ditanya wartawan tentang keputusannya dalam konferensi pers pasca pertandingan, Santos mengatakan: “Tidak ada penyesalan. Saya (tidak menyesali keputusan saya)”.

Santos mengatakan dia tidak akan mengubah keputusannya, karena dia membuatnya berdasarkan hasil positif melawan Swiss di babak 16 besar.

Sebelumnya di babak 16 besar, Portugal mengalahkan Swiss 6-1, di mana Goncalo Ramos melakukan debutnya di Piala Dunia sebagai pemain dengan hat-trick.

Skuad Portugal Vs Maroko: Cristiano Ronaldo Kembali Dipesan

“Saya menggunakan tim yang bermain sangat bagus melawan Swiss dan sebelum pertandingan (melawan Maroko) tidak ada alasan untuk mengubahnya,” kata Santos.

Santos juga menepis anggapan bahwa penampilan Portugal telah dipengaruhi oleh gelombang kritik yang ditujukan kepada Ronaldo dalam beberapa pekan terakhir.

Menjelang Piala Dunia 2022, Ronaldo menarik perhatian publik dengan sebuah wawancara, terutama dengan Pierre Morgan, yang berbicara begitu kontroversial tentang situasinya di Manchester United sehingga Setan Merah tidak punya pilihan selain memutuskan kontrak sang pemain. tidak punya.

Wawancara tersebut secara efektif menciptakan komentar terpisah tentang Ronaldo, yang juga baru-baru ini dikabarkan ingin meninggalkan Qatar setelah Santos dicadangkan melawan Swiss, meskipun hal ini kemudian dibantah oleh sang pelatih.

“Saya pikir semua kritik terhadap Ronaldo tidak berpengaruh pada tim ini. Kami adalah tim yang sangat kompak. Sejujurnya, ada dua orang dari Portugal yang sangat kecewa dengan hasil ini, saya dan Ronaldo. Wajar jika kami mengambil hasil ini. Saya kecewa dan marah dengan hasil ini.”

Maroko melaju ke babak semifinal dengan mengalahkan Portugal 1-0

Di sisi lain, Santos juga tak mau menuding wasit Facundo Tello dari Argentina yang memimpin pertandingan antara Maroko dan Portugal.

Menjelang akhir babak pertama, Ruben Dias cs mengkritik Tello karena mengabaikan insiden jatuhnya Bruno Fernandes di area penalti Maroko, namun Santos menyebut hal itu tidak bisa menjadi alasan kekalahan Portugal.

Saya tidak berpikir kita bisa menyalahkan wasit, Santos menyimpulkan.Tentu saja ada situasi yang mungkin menimbulkan pertanyaan, tapi pada dasarnya kami tidak bisa melakukan lebih dari yang kami butuhkan untuk menang.

Inggris dan Prancis tak ubah komposisi

Pengkhotbah: Gilang Galliarta
Editor: Teguh Handoko