jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 16, 2024

Ratusan korban merupakan warga tujuh kecamatan yang rumahnya masih terendam air

Jakarta (JurnalPagi) – Pimpinan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memastikan kebutuhan pokok 472 korban banjir di Kabupaten Bangu, Provinsi Jambi terpenuhi selama mereka berada di lokasi pengungsian.

Ratusan korban merupakan warga tujuh kecamatan yang rumahnya terendam air, kata Kepala Pusat Penerangan, Komunikasi dan Informasi Bencana BNPB Abdul Mehri dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu.

Tujuh kecamatan terdampak banjir adalah Kecamatan Jojohan Ilir, Tanah Gerwing, Tanah Sepanggal, Bango Dani, Batin III, Pasar Muaro Bango, dan Batin II Babko.

Ia mengatakan, selama evakuasi, kebutuhan pokok antara lain makanan, sandang, obat-obatan, dan air bersih bagi para korban telah dipenuhi oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama dengan dinas sosial, layanan ketahanan pangan, layanan kesehatan, dan air minum di wilayah tersebut. . Inc.(PDAM). lokal.

Selain itu, Pusdalops BNPB menyebut mereka juga mendapat bantuan dari warga yang telah menyediakan bahan pangan dan mendirikan dapur umum di kawasan banjir.

Tim SAR Jambi mengevakuasi 150 KK korban banjir di Kabupaten Bungo.

Kata Abdullah, Banjir akibat intensitas tinggi dan hujan berkepanjangan menyebabkan Sungai Batang Oleh, Batang Tebu, dan Batang Jojohan meluap pada Jumat (16/2) sekitar pukul 09:25 WIB.

Hari ini, Minggu, BNPB mendapat laporan petugas di lapangan, banjir terus merendam rumah 485 warga dan beberapa fasilitas umum lainnya di Kabupaten Bungo dengan ketinggian air 20-80 cm. Hal ini terjadi karena air Sungai Batang Tebu masih mengalir akibat hujan yang terus turun di sebagian besar wilayah Kabupaten Bungo yang berjarak sekitar 290 kilometer dari Kota Jambi.

Meski demikian, dia memastikan tim gabungan petugas seluruh elemen SAR beserta relawan masih bersiaga di lokasi kejadian untuk meringankan beban warga dan mengurangi risiko saat banjir terjadi.

Selain itu, pemerintah daerah melalui Dinas PUPR Kabupaten Bungo dan Balai Prasarana Permukiman Daerah (BPPW) Jambi juga siap menangani kerusakan rumah serta kerusakan fasilitas umum, jalan dan jembatan serta fasilitas sosial lainnya setelah ini. . Banjir pun surut

Besarnas Jambi Tercatat 19.292 Orang Akibat Banjir di Bangu.
Pemkab Bungo Jambi Identifikasi 26 Lokasi Longsor

Koresponden : M. Rizko Bima Elko Prastiv
Editor: Indra Gultom
Hak Cipta © JurnalPagi 2024