jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 25, 2024

Jakarta, duniafintech.com – Manfaat asuransi jiwa sepertinya belum banyak diketahui oleh sebagian masyarakat di Indonesia. Oleh karena itulah kali ini kita mengkaji lebih detail betapa pentingnya asuransi jiwa bagi masa depan setiap orang.

Asuransi jiwa merupakan produk perlindungan yang memberikan manfaat tidak hanya kepada pemegang polis tetapi juga seluruh keluarga. Sebab manfaat asuransi jiwa baru dirasakan ketika pemiliknya meninggal dunia atau masa perlindungannya berakhir.

Oleh karena itu, tidak salah jika kita menganggap bahwa asuransi jiwa merupakan suatu harta yang dapat diwariskan oleh tertanggung kepada keluarga atau ahli warisnya. Jika Anda saat ini sudah menikah atau bahkan memiliki anak, kini saatnya untuk mendapatkan produk pelindung ini.

Manfaat asuransi jiwa

Sebuah keluarga bisa mendapatkan banyak manfaat dari asuransi jiwa. Berikut ulasan lengkap dari tim DuniaFintech:

Manfaat asuransi jiwa bagi keluarga

  1. Menjamin masa depan keuangan keluarga

Jika Anda adalah pencari nafkah utama keluarga, maka risiko kerugian finansial bagi keluarga jika terjadi kematian sangatlah tinggi. Bahkan tidak menutup kemungkinan keluarga Anda tidak mempunyai pendapatan finansial setelah Anda tiada dan akan kesulitan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Hal ini bisa dihindari jika Anda memiliki asuransi jiwa. Karena jika terjadi kematian atau cacat total dimana Anda tidak dapat lagi bekerja, pihak asuransi akan memberikan Anda seluruh pertanggungan sesuai kontrak asuransi. Dana asuransi ini dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga Anda seperti kebutuhan sehari-hari, modal usaha, pendidikan anak dan lainnya. Setidaknya keluarga Anda punya waktu untuk mengembalikan keuangan mereka ke jalur yang benar.

  1. Tabungan dan dana tabungan

Dana Jaminan Asuransi Jiwa tidak selalu keluar hanya setelah meninggal dunia, bisa juga keluar setelah masa polis berakhir, meski Anda masih sehat. Jadi, Anda bisa memanfaatkannya untuk menambah tabungan atau dana darurat di kemudian hari. Memang tidak semua perusahaan asuransi bersedia mengembalikan premi kepada nasabahnya tanpa kematian, namun beberapa produk menawarkan fitur tersebut. Oleh karena itu, sebelum membeli produk asuransi jiwa, sebaiknya Anda memilih dengan bijak dan membaca polis asuransi dengan cermat.

Baca juga: Apa saja manfaat asuransi kesehatan selain BPJS?

Manfaat asuransi jiwaManfaat asuransi jiwa

Baca juga: Asuransi kesehatan terbaik untuk manula dan berikut beberapa tips memilihnya

  1. Warisan untuk keluarga

Katakanlah Anda bukan pencari nafkah utama, lalu apakah Anda masih memerlukan asuransi jiwa? Jawabannya iya. Apalagi bagi mereka yang sudah memiliki anak, baik laki-laki maupun perempuan, asuransi jiwa merupakan salah satu produk keuangan yang memiliki banyak manfaat untuk masa depan anaknya. Tak hanya soal tabungan, asuransi jiwa juga bisa dijadikan warisan bagi anak di masa depan.

Uang ini pasti bisa membantu keadaan keuangan anak kita di masa depan. Baik anak-anak masih bersekolah atau sudah berkeluarga, pendanaan ini akan membantu mereka membangun perekonomian yang lebih sehat dan stabil.

  1. Untuk mengurangi beban anak pada masa pensiun

Jika kita masih sehat setelah berakhirnya polis asuransi jiwa, namun kita sudah pensiun dan tidak bekerja lagi, maka uang asuransi tersebut bisa kita gunakan untuk menutupi kebutuhan hari tua kita.

Dengan cara ini, beban anak di masa depan akan berkurang. Mereka tidak perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk memenuhi kebutuhannya karena kami memiliki dana cadangan asuransi jiwa.

Manfaat asuransi jiwaManfaat asuransi jiwa