WASPADA BERBAGAI PENIPUAN YANG DILAKUKAN PETUGAS KASIR MINIMARKET

strukbelanja.382380194Baru-baru ini ditemukan berbagai kecurangan dan kejanggalan dari struk belanja disebuah minimarket. Hal ini pun terbukti ketika seorang konsumen minimarket bernama Nia mengeluhkan penipuan yang dilakukan petugas minimarket di kawasan Tebet Dalam, tepatnya di depan Pasar Tebet, Jakarta Selatan. Saat itu dia hendak membayar empat item makanan yang baru saja dia beli. Selesai memilih barang, dia kemudian ke kasir untuk membayar belanjaannya.

Petugas itu langsung menyebutkan total belanjaan Rp 31.000. Tanpa rasa curiga dia langsung membayar. Kesalahannya, dia tak meminta struk karena merasa percaya pada hasil hitung-hitungan si kasir.

Sebelum meninggalkan minimarket itu, dia kemudian menghitung-hitung kembali belanjaannya. Dia sadar bahwa total belanjaannya tidak sampai Rp 31.000. Kemudian dia mendatangi petugas itu kembali dan si petugas kagok menjelaskan saat ditanya total belanja dia sebenarnya. Dia meminta struk belanjanya. Dari struk itu jelas terlihat tidak ada potongan apapun dan total belanjanya Rp 26.000.

“Wuah saya dibohongi, dia cuma bilang maaf-maaf. Saya tegur aja dan saya keluar aja. Sayang saya nggak sempat catat siapa namanya,” tambahnya. Dia pun sudah mengeluhkan kejadian itu ke call center minimarket tersebut. Petugas call center bernama Dewi segera mengecek gerai itu.

“Mereka si udah minta maaf atas ketidaknyamanan itu dan segera menghubungi counter Tebet,” tandasnya.

Hal semacam ini bukan hanya terjadi sekali saja sebelumnya telah banyak konsumen yang merasa tertipu dengan ulah petugas kasir, banyak cara yang bisa mereka lakukan untuk menipu konsumen.

Sayangnya, hanya segelintir masyarakat yang berhasil mengungkap kecurangan ini. Sedangkan banyaknya masyarakat yang bersikap acuh semakin menambah keuntungan oleh para kasir nakal.

Oleh karena itu sebaiknya sebagai konsumen anda harus waspada akan penipuan ini dan berikut ini ada beberapa penipuan yang sering terjadi dan anda harus waspada akan hal ini.

1. Total penyebutan harga tidak sesuai dengan struk (periksa sebelum keluar dari minimarket)

2. Harga yang dicantumkan di rak tidak sesuai dengan struk belanja

3. Donasi di minimarket tak dicantumkan dalam struk pembelian

4. Kasir nakal lakukan penarikan tunai diam-diam

5. Uang kembalian berbentuk uang recehan tidak dikembalikan, ketika ditanya akan disumbangkan (apa benar…?)

Info diambil dari keluahan masyarakat yang banyak berkeluh kesah dijejaring sosial, nah jika anda juga mengalami hal semacam ini atau ada modus-modus lainnya yang dilakukan oleh petugas kasir minimarket segera protes dan laporkan kepada pemilik minimarket.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015 Frontier Theme