Sinyal seluler di Cianjur perlahan membaik setelah listrik pulih

11657 situs BTS telah dipulihkan

JAKARTA (JurnalPagi) – Sinyal telekomunikasi seluler berangsur membaik di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, setelah menara telekomunikasi yang terdampak gempa mendapat aliran listrik.

Plt. Esmail, Direktur Jenderal Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, dalam pengumumannya, Rabu mengatakan, Menurut data yang diperoleh hingga Selasa (22/11) pukul 17.00, terdapat 15 lokasi menara telekomunikasi. stasiun pemancar dasar (BTS) yang masih belum bisa berfungsi, dari total 1172 tower BTS di Cianjur dan Sukabumi.

Ismail mengatakan, “Dari empat operator layanan seluler yang melayani di Cianjur dan Sukabumi, sebanyak 11.657 BTS telah direstorasi. Kominfo dan operator layanan seluler sedang bekerja untuk merestorasi 15 BTS agar dapat memberikan layanan yang optimal kepada masyarakat.”

Proses pemulihan sinyal seluler sedang berlangsung di daerah marjinal yang masih sulit diakses karena jalan menuju lokasi masih sulit diakses. Menurut Ismail, pemerintah dan operator seluler masih berupaya membenahi infrastruktur.

Sedangkan layanan dari Telkom Indonesia untuk jaringan backbone dan automation call center (STO) sudah normal dan dapat diakses kembali oleh masyarakat. Ismail mengatakan, STO menggunakan genset untuk menghidupkan.

Masyarakat belum bisa mendapatkan layanan internet dari Indy Home hanya karena modem umum tidak aktif akibat tidak tersedianya listrik.

Kementerian Komunikasi dan Informatika dan operator telepon seluler saat ini sedang memantau peningkatan layanan telekomunikasi di Sianjur dan sekitarnya agar masyarakat dapat memperoleh kembali akses telekomunikasi dan internet.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan 271 orang tewas akibat gempa bermagnitudo 5,6 di Cianjur pada Rabu, naik dari 268 pada Selasa (22/11). BNPB mencatat ada 40 warga di kawasan Cigenang dan Warungkondang yang statusnya sedang dicari.

Sedikitnya 31 sekolah, 124 tempat ibadah, tiga puskesmas dan 13 kantor rusak akibat gempa.

Telkomsel memimpin di video streaming, Smartfren di ketersediaan 4G

Sahrudin Dilengkapi Sinyal Bantu Selamatkan Wisatawan

Operator telekomunikasi berupaya memulihkan jaringan Sianjur yang dilanda gempa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.