Pentingnya melindungi data pribadi untuk meningkatkan investasi

Untuk itu, sangat penting untuk mengintegrasikan manajemen secara komprehensif

Jakarta (JurnalPagi) – Alex Siew Hong Chong, konsultan teknis PT Deloitte Konsultan Indonesia, mengatakan perlindungan data pribadi menjadi salah satu kriteria yang dinilai investor sebelum berinvestasi di Indonesia.

Menurutnya, aspek-aspek yang saat ini menjadi acuan keberlanjutan suatu perusahaan kerap disebut-sebut Lingkungan sosial Pemerintahane (ESG). Dikatakannya: Kerahasiaan data pelanggan atau konsumen tergolong hak pelanggan dan masuk dalam kategori keberlanjutan, khususnya di Pemerintah atau pemerintahan yang baik

“Laporan ESG tentu saja dibaca oleh investor. Investor melihat kualitas perusahaan tidak hanya dari laporan keuangan tetapi dari ESG. Jika kualitas perlindungan data pelanggan menurun, investor akan memperhatikan dan tentunya dampaknya secara keseluruhan akan mengenai perusahaan,” katanya dalam siaran pers, Rabu.

Lima Kebiasaan Digital Sehat untuk Perkuat Keamanan Data Pribadi

Beberapa aspek Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi (UU PDP) yang harus diperhatikan antara lain proses tata kelola data agar pelaku bisnis dapat meningkatkan standar industrinya untuk memberikan keunggulan kompetitif bagi pelaku ekonomi digital nasional di industri global.

“Proses tata kelola data yang tertuang dalam UU PDP mendorong berkembangnya teknologi dan inovasi baru bagi setiap pelaku usaha, karena pengolahan dan penyimpanan data dilakukan secara transparan dan harus berdasarkan persetujuan pelaku. Selain itu, pengendali data harus mendapatkan otorisasi “Di pihak subjek data sebelum melakukannya, transfer data ke pihak lain di luar yurisdiksi Indonesia, sehingga mendorong digitalisasi di setiap aspek.”

Bagi pelaku bisnis dan industri, menerapkan pengelolaan data pribadi cukup menantang. Setiap aspek penting membutuhkan integrasi yang tepat sasaran agar proses implementasi berjalan lancar dan prinsip kepatuhan dapat dilaksanakan.

Dikatakannya: Untuk itu, integrasi manajemen secara menyeluruh sangat penting untuk melakukan perubahan yang lebih baik.

Pada kesempatan tersebut, Cornell Juniarto dari Hermawan Juniarto Deloitte mengungkapkan bahwa dengan lebih dari 210 juta pengguna aktif internet, penerapan pengelolaan data pribadi di Indonesia memegang peranan penting dalam proses bisnis, khususnya bagi pembuat kebijakan, lambatnya pelaku bisnis digital. dan masyarakat umum yang sudah terbiasa dengan layanan digital.

Lima Kebiasaan Digital Sehat untuk Perkuat Keamanan Data Pribadi

Kami menyadari pentingnya akuntabilitas dan tata kelola data pribadi bagi setiap perusahaan, entitas publik, dan organisasi internasional yang memproses data pribadi sesuai dengan Undang-Undang PDP, yang membutuhkan manajemen keamanan siber yang komprehensif dan penyusunan prinsip kepatuhan dalam penerapannya di berbagai industri. “Manajemen data pribadi mendorong ekonomi digital Indonesia, yang diperkirakan akan tumbuh hingga $146 miliar pada tahun 2025.”

Ia mengatakan, UU PDP ditujukan bagi seluruh organisasi dan pelaku bisnis di Indonesia untuk memastikan hak perlindungan datanya.

Harapannya regulasi tersebut dapat meningkatkan daya saing pelaku usaha di bidang teknologi dan mendorong pertumbuhan ekonomi digital secara menyeluruh. Selain itu, UU PDP juga mengkaji setiap organisasi, lembaga, dan pelaku usaha untuk memastikan data pribadi setiap individu yang menjadi bagiannya tetap aman dan terjamin.

“Walaupun pelaku usaha diberikan masa transisi selama dua tahun untuk mematuhi semua peraturan yang terkait dengan pengolahan data pribadi di setiap sektor industri, dalam masa tersebut, organisasi dan pelaku usaha harus melakukan serangkaian tindakan. kerangka PDP, dibuat Kebijakan Privasi PayungMengembangkan kerangka kerja untuk pemrosesan data pribadi sebagai pedoman kepatuhan dan meninjau proses data pribadi untuk memastikan kepatuhan terhadap UU PDP.

Kemenkominfo: Literasi digital sangat penting untuk melindungi informasi pribadi

Pengamat: Perusahaan Harus Siapkan Penyesuaian UU PDP

Supervisor: Perlunya Sadar Pentingnya Pemanfaatan Teknologi di PDP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *