jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 14, 2024

Jakarta (JurnalPagi) – Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian (Kamen Perin) memberikan Penghargaan Rintisan Teknologi Industri (RINTEK) kepada 11 perusahaan sebagai bentuk dukungan kepada pelaku industri untuk meningkatkan teknologi guna mengurangi ketergantungan impor barang modal dan produk hilir. . .

Sekjen Kementerian Perindustrian menyampaikan: Pemberian Penghargaan Pelopor Teknologi Industri ini merupakan bentuk terima kasih pemerintah kepada para pelaku industri nasional yang telah gigih memajukan teknologi industri nasional guna meningkatkan produktivitas dan kemandirian industri dalam negeri. industri. Dodi Widodo dalam siaran persnya, Selasa.

Demikian disampaikan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat membacakan sambutannya di Jakarta, Selasa (12/6/12).

Kemenperin kembali gelar Rintek Award dan bantu inovasi industri

Dengan peningkatan teknologi industri, diharapkan industri nasional mampu bersaing di pasar domestik dan internasional.

Penghargaan RINTEK 2022 merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan Kementerian Perindustrian sejak tahun 2006 dan diberikan kepada 64 perusahaan industri atas 89 inovasi teknologi yang telah dihasilkannya.

“Penghargaan RINTEK ini diharapkan dapat menjadi pendorong bagi pelaku industri nasional untuk terus mengembangkan daya saing melalui penciptaan teknologi industri yang bernilai tinggi,” ujarnya.

Dalam acara penganugerahan tersebut, Kemenperin menyerahkan penghargaan RINTEK 2022 kepada 11 perusahaan industri atas 12 inovasi teknologi yang mereka hasilkan.

Perusahaan peraih penghargaan adalah perusahaan yang terbukti menggunakan inovasi dan kreativitasnya untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam mengembangkan daya saing melalui kegiatan penelitian, pengembangan dan rekayasa teknologi industri di Indonesia.

Dadi Rahadi, Kepala Badan Kebijakan dan Standardisasi Jasa Industri (BSKJI), menjelaskan: Acara seleksi Anugerah Pelopor Teknologi Industri 2022 digelar dengan dihadiri 29 perusahaan industri atas 43 inovasi teknologi yang dihasilkan.

Proses pemberian penghargaan RINTEK dilakukan dengan partisipasi para juri yang berkompeten di bidang teknologi industri dan melalui proses yang ketat.

Perusahaan industri peraih penghargaan RINTEK 2022 telah memenuhi semua persyaratan, yaitu perusahaan tersebut merupakan perusahaan manufaktur atau jasa industri yang berdomisili dan terdaftar secara hukum di Indonesia.

Selain itu, teknologi yang diusulkan merupakan hasil penelitian perusahaan peserta berupa prototype atau prototype yang telah terbukti berhasil diimplementasikan, dan teknologi yang diusulkan tersebut belum pernah mendapatkan penghargaan serupa pada periode sebelumnya.

Adapun 11 perusahaan yang telah diumumkan sebagai penerima penghargaan tersebut adalah:

PT Bangun Indopralon berhasil dengan inovasi teknologi “MPOIN DRAIN (tangki air tanpa saluran dan anti virus ISO 21702:2019).

PT Lautan Natutal Krimerindo dengan inovasi teknologi “makanan fungsional nabati, bebas susu dan tinggi serat serta aplikasinya pada produk makanan dan minuman”.

PT ETA Indonesia dengan inovasi teknologi “Indoor Internet of Things Device Products[اینترنت اشیاء]Untuk menerapkan sistem pemantauan baterai (BMS)”.[InternetOfThings)DalamNegeriuntukImplementasiBateraiMonitoringSystem(BMS)”[InternetOfThings)DalamNegeriuntukImplementasiBateraiMonitoringSystem(BMS)”

PT Petrokimia Gresik dengan inovasi teknologi “meningkatkan produksi H2SiF6 sebanyak 6 ton per hari dari pabrik asam fosfat HDH (hemihidrat-dihidrat) dengan fleksibilitas sumber bahan baku batuan fosfat dan meningkatkan kualitas asam fosfat”.

PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. Dengan inovasi teknologi “Fasilitas Feed Dry Fly Ash (DFA) Untuk Pemanfaatan Limbah Pembangkit Sebagai Bahan Pengganti Semen PCC”.

PT Langgeng Cipta Solusi dengan inovasi teknologi “Structural Health Monitoring System (SHMS)/Jembatanku”.

PT Pupuk Kalimantan Timor dengan inovasi teknologi “Maintex: Implementasi Asset Wellness untuk meningkatkan rasio pemeliharaan preventif pabrik IA”.

PT Pupuk Sriwijaya Palembang dengan inovasi teknologi “Produk NPK Khusus 17-6-25 Untuk Meningkatkan Produktivitas Singkong” dan “Strategi Pemeliharaan Untuk Meningkatkan Keandalan Tanaman Menggunakan APeM (Asset Performance Management) Berbasis Web, Aplikasi Android dan IOS”.

PT Widya Inovasi Indonesia dengan inovasi teknologi “Truck load counter with LiDAR technology”.

PT Orela Shipbuilding dengan inovasi teknologi “Pengembangan attachment pada crew boat untuk mendapatkan efisiensi bahan bakar sebagai kontribusi pengurangan emisi bahan bakar fosil”.

PT Athira Maritim Indonesia dengan inovasi teknologi “Hydraulic Telescopic Jib Crane”.

Penghargaan RINTEK 2022 akan kembali digelar pemerintah

Kementerian Perindustrian memberikan penghargaan kepada 16 inovator teknologi

PKT Raih Rintek Award 2021 Dengan Menerapkan Industri Hijau Berkelanjutan

Koresponden: Fetor Rochman