Pengguna perawatan kulit harus menyadari bahwa retinol tidak boleh digunakan dengan vitamin C

Tempo Co, Jakarta – Hari-hari ini, teknik tata letak atau pile-up banyak digunakan dalam aplikasi perawatan kulit. Proses ini diterima karena dipercaya dapat membuat kulit lebih sehat dan cerah. Namun tidak semua bahan bisa diaplikasikan secara bersamaan. Salah satunya adalah dengan menggunakan retinol dan vitamin C secara bersamaan. Jadi kenapa begitu?

Retinol dan vitamin C adalah bahan yang sering ditemukan dalam produk perawatan kulit. Keduanya bermanfaat untuk mengurangi kerutan dan flek hitam pada wajah serta meratakan tekstur kulit. Yang penting keduanya digunakan bersamaan dengan harapan kombinasi tersebut dapat menutrisi kulit wajah dan mendapatkan manfaat yang maksimal.

Baca: Gunakan retinol setiap hari untuk kulit bercahaya atau teriritasi, kata para ahli

Padahal, retinol dan vitamin C merupakan bahan dalam perawatan kulit yang tidak boleh digunakan bersamaan. Penerapannya secara berlapis justru meningkatkan risiko iritasi kulit dan membuat manfaat kandungan skin care tersebut menjadi kurang optimal. Hal ini juga dikemukakan oleh seorang dokter kulit bernama Andrea Suarez.

Dalam penjelasannya, Andrea Suarez menyarankan untuk tidak menggunakan retinol dan vitamin C secara bersamaan. “Baik bahan maupun formulasinya masing-masing terkadang bisa membuat iritasi jika digunakan bersamaan,” ujarnya seperti dikutip mindbodygreen.com pada 31 Juli 2022.

Retinol dan vitamin C sebenarnya bekerja di lingkungan pH yang berbeda. Retinol bekerja pada tingkat pH (basa) yang lebih tinggi. Sementara itu, vitamin C diformulasikan dalam lingkungan pH (asam) yang lebih rendah. Oleh karena itu, bila digunakan bersamaan, retinol dan vitamin C mungkin tidak bekerja dengan baik.

Jika Anda ingin terus menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung retinol dan vitamin C, Anda dapat menggunakannya secara bergantian di waktu yang berbeda. Pengaturan byrdie.comDi pagi hari, gunakan produk perawatan kulit yang mengandung vitamin C untuk melindungi kulit dari polusi dan sinar ultraviolet (UV). Setelah itu, lanjutkan menggunakan rutinitas perawatan kulit seperti biasa. Lalu, pada malam hari, gunakan produk perawatan kulit retinol. Karena dapat menyebabkan kulit kering, pastikan untuk menggunakan pelembab setelah menggunakan retinol.

NAOMY A.NUGRAHENI

Apa yang perlu Anda ketahui tentang retinol

Selalu update informasi terbaru. Tonton berita terhangat dan berita Tempo.co pilihan di saluran Telegram “http://tempo.co/”. Klik Bergabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *