Lima wilayah siaran langsung menerima siaran digital

Jakarta (JurnalPagi) – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengumumkan ada lima wilayah penyiaran yang akan segera mendapatkan siaran digital.

“Aplikasi Matikan analog Johnny J. Platt, Menteri Komunikasi dan Informatika, dalam pertemuan dengan Komisi Pertama Republik Rakyat Demokratik China, dalam siaran langsung, Rabu, mengatakan (ASO) di wilayah berikutnya sesuai kesiapan di lapangan.

Lima wilayah siaran yang akan segera mendapat siaran digital adalah: Jawa Barat 1 (Kota Bandung dan Sekitarnya), Jawa Tengah 1 (Kota Surakarta dan Sekitarnya), DI Yogyakarta (Kota Yogyakarta, Kota Surakarta dan Sekitarnya), Jawa Timur 1 (Kota Surabaya dan sekitarnya) dan Kepulauan Riau 1 (Kota Batam dan sekitarnya).

Data terakhir Kementerian Komunikasi dan Informatika menunjukkan 132 zona penyiaran yang mencakup 230 kabupaten dan kota telah melakukan ASO dan kini mengudara secara digital. Indonesia memiliki 225 wilayah siaran.

Dari 132 wilayah siaran yang saat ini disiarkan secara digital, 103 merupakan wilayah non-terestrial yang tidak menerima siaran terestrial analog, sehingga saat ini wilayah tersebut menerima siaran digital langsung.

Saat ini masih ada 93 wilayah layanan yang belum beralih ke penyiaran digital. Kesiapan beralih ke penyiaran digital dinilai dari tiga aspek, yaitu kesiapan infrastruktur multipleks, dorongan penyiaran untuk bermigrasi ke penyiaran digital, dan jangkauan distribusi set-top box.

Sebanyak 322 infrastruktur multiplexing telah dibangun oleh LPP TVRI, lembaga penyiaran pemerintah dan swasta. Menteri Jani mengatakan infrastruktur multiplexing dapat digunakan untuk mengimplementasikan ASO.

Pemerintah mendorong lembaga penyiaran yang tidak melakukan siaran atau saat ini melakukan siaran secara digital Pemutaran secara bersamaan. Indonesia memiliki 696 lembaga penyiaran dan 580 lembaga penyiaran Pemutaran secara bersamaan dan 116 siaran analog saja.

“Mereka berniat hijrah tanpa melalui program penyiaran Pemutaran secara bersamaankata Johnny.

Peralihan ke penyiaran digital juga bergantung pada kesiapan penyelenggara multipleks untuk mendistribusikan peralatan. Setel kotak teratas Kepada warga yang memenuhi kriteria.

Pakar UGM: Migrasi TV analog ke digital membuat siaran beragam

Kementerian Komunikasi dan Informatika meminta KPI melakukan pengawasan lebih luas terhadap penyiaran digital.

ASO Dibutuhkan untuk Memperluas Jangkauan Internet

Diedit oleh: Aida Nurjahani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.