Facebook menyediakan pengaturan privasi untuk akun remaja

Mulai hari ini, semua orang di bawah 16 tahun

Jakarta (Antara) – Media sosial Facebook mempersulit pengguna remaja untuk menggunakan platformnya dengan mulai menerapkan pengaturan privasi bagi pengguna di bawah usia 16 tahun.

“Mulai hari ini, setiap orang yang berusia di bawah 16 tahun (atau 18 tahun di beberapa negara) akan memiliki pengaturan privasi awal saat bergabung dengan Facebook,” tulis Facebook di blog resminya Senin (21/11) waktu setempat.

Pengaturan privasi untuk remaja juga telah diterapkan di Instagram, media sosial yang selain Facebook juga termasuk dalam platform meta.

artikel terkait: Meta Platforms akan mem-PHK banyak karyawan

Platform tersebut menyarankan pengguna remaja yang sudah memiliki akun Facebook untuk mengubah beberapa pengaturan menjadi pribadi, termasuk siapa yang dapat melihat daftar teman mereka, halaman yang mereka ikuti, dan mengomentari kiriman.

Tahun lalu, Facebook mematikan kemampuan mengirim pesan dari orang dewasa ke remaja jika mereka bukan teman. Platform tersebut juga menyembunyikan akun remaja tersebut dari rekomendasi dari orang-orang yang mungkin mengenal “orang yang mungkin Anda kenal”.

Baru-baru ini, Facebook sedang menguji untuk menonaktifkan fitur pengiriman pesan dari remaja ke pengguna dewasa yang tidak berteman dengan mereka. Facebook juga menyembunyikan pengguna dewasa dari rekomendasi remaja People Yoy May Know.

Facebook melabeli akun dewasa “mencurigakan” yang telah diblokir atau dilaporkan oleh pengguna remaja.

Sementara itu di Instagram, Meta sedang bereksperimen dengan menghapus fitur pesan dari akun remaja jika profilnya dilihat oleh pengguna yang mencurigakan.

artikel terkait: Lingkaran Instagram dan Facebook diperkaya dengan fitur-fitur baru

Baca Juga: Instagram dan Facebook Buka NFT untuk Semua Pengguna AS

Baca Juga: Facebook Menguji ‘Enkripsi End-to-End’ Sebagai ‘Default’ Di Messenger

Koresponden: Natisha Andarningtias
Editor: Sorianto
Hak Cipta © ANTARA 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.