jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 16, 2024

Jakarta, KOMPAS. com – Bunga dapat mempercantik ruangan dan halaman rumah. Namun, tidak hanya itu saja, bunga juga memiliki banyak manfaat lainnya, salah satunya adalah julukan skin care untuk perawatan kulit.

Banyak bunga berguna untuk perawatan kulit, tetapi penting untuk mengetahui kegunaannya.

Dikutip dari Balkon taman webMinggu (4/12/2022), berikut beberapa bunga yang bisa dijadikan perawatan kulit dan cara penggunaannya.

Cara menanam dan merawat bunga bugenvil

PIXABAY/BILLYGHAWAII Gambar bunga kembang sepatu, kembang sepatu.

Daun kembang sepatu bertindak sebagai kondisioner rambut alami karena mengandung jumlah polisakarida lendir yang lebih tinggi.

Ambil 10 sampai 15 lembar daun, cuci dan rebus dalam panci sampai airnya berkurang setengahnya. Dinginkan rambut dan bilas dengan ekstraknya.

Lakukan ini setidaknya selama dua minggu dan Anda akan segera melihat perubahannya. Daun kembang sepatu sangat bagus untuk pertumbuhan rambut, mengurangi rambut rontok dan membuat rambut berkilau.

2. Mawar

Ambil kelopak mawar yang sudah dihaluskan dan beberapa tetes madu, lalu oleskan pada bibir Anda selama beberapa waktu. Kelopak mawar ini bertindak sebagai lip balm alami.

Tak Hanya Cantik, 15 Bunga Bisa Dimakan dan Banyak Manfaatnya

Ambil setengah sendok air mawar dengan setengah sendok gliserin. Oleskan ini di wajah Anda semalaman, meskipun lengket, ini berfungsi sebagai toner alami.

3. Melati

Ambil beberapa kelopak melati dan cuci lembut dengan air dan hancurkan. Setelah selesai, tambahkan beberapa tetes minyak kelapa.

Pijat solusi ini di wajah Anda dengan ujung jari Anda. Anda juga bisa membiarkannya untuk sementara waktu.

Lakukan ini secara teratur dan wajah Anda akan mulai bersinar. Ini bagus untuk kulit kering dan merupakan pengobatan yang efektif untuk kerutan wajah, karena minyak kelapa mengencangkan kulit.

Pelajari Bunga Lili Paskah, dari Sejarah, Varietas, hingga Waktu Bermekaran

PIXABAY/HANS BREXMEIER Gambar tanaman bunga calendula.

4. Kalendula

Rendam tiga sendok kelopak marigold dalam secangkir air selama 15 menit. Cuci wajah Anda dengan ekstrak ini secara teratur.

Ini adalah pengobatan yang baik untuk jerawat, bintik-bintik dan bintik-bintik.

5. Kamomil

Ambil kelopak chamomile kering atau yang baru dipetik, jus lemon dan susu mentah dan tambahkan secara merata dan oleskan campuran ini sebagai masker wajah selama 5 menit.

Ini bertindak sebagai pembersih alami. Pemakaian teratur dapat menghilangkan komedo dan pigmentasi pada wajah.

7 Bunga Keberuntungan yang Akan Mempercantik Halaman Anda

Gambar marigold. PIXABAY/YGANESHBABU Gambar marigold.

6. Marigold

Ambil beberapa kelopak marigold dan cuci dengan air dingin. Sekarang campurkan kelopak dalam 1 sendok teh madu dan 1 sendok teh susu murni dan aduk adonan hingga tercampur rata hingga halus.

Kemudian gunakan sebagai masker wajah. Biarkan selama 15 menit dan cuci dengan air.

7. Lavender

Lavender mengandung zat pencerah kulit dan penggunaannya dapat membuat kulit Anda lebih bersih. Pisahkan kelopak lavender dan rebus selama beberapa menit.

Saring airnya untuk memisahkan kelopaknya dan tambahkan sedikit bubuk oat untuk membuat pasta halus. Terapkan ini sebagai paket wajah dan bersihkan dengan air dingin dalam beberapa menit.

Makna Bunga Mawar Oranye dalam Berbagai Budaya

Gambar bunga teratai. PIXABAY/MABELAMBER Gambar bunga teratai.

8. Teratai

Teratai air kaya akan vitamin A, B dan C serta mengandung banyak mineral kaya lainnya yang dapat mencerahkan dan mencerahkan kulit Anda serta menjaganya tetap terhidrasi.

Vitamin dapat membantu memperbaiki perubahan warna kulit dan mengurangi bekas jerawat dan bintik hitam.

Biarkan beberapa daun dan kelopak teratai terendam dalam air semalaman. Kemudian giling daun yang sudah direndam dan campurkan 1 hingga 2 sendok teh madu dan susu.

Setelah itu, oleskan pada wajah Anda.

7 Bunga Keberuntungan yang Akan Mempercantik Halaman Anda

Bunga matahari kaya akan vitamin A, C, E dan D dan merupakan pelembab yang sangat baik. Bunga ini dapat membuat kulit terlihat lebih muda, mengurangi kerusakan akibat sinar matahari, membantu menghilangkan warna cokelat yang tidak diinginkan, mengurangi kepekaan terhadap sinar matahari, dan mencerahkan kulit.

Anda juga bisa menggunakan minyak bunga matahari untuk memijat wajah dan tubuh agar kulit lebih sehat.

Giling 2-3 bunga matahari setelah dikeringkan dan campurkan bubuknya menjadi masker wajah dan masker rambut untuk manfaat tambahan.

Anda juga bisa menambahkan minyak bunga matahari ke dalam 1 sendok teh lemon, 1 hingga 2 sendok teh yogurt, dan 1 hingga 2 sendok teh madu dan oleskan pada wajah Anda 2 hingga 3 kali seminggu.


Dapatkan pembaruan Berita terpilih Dan berita terkini Setiap hari dari Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link nya lalu gabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.