jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 25, 2024

Jakarta, duniafintech.com Saran terbaik untuk asuransi kesehatan senior adalah produk asuransi yang dirancang untuk lansia atau warga lanjut usia. Namun, tidak semua produk asuransi kesehatan bisa digunakan oleh lansia.

Sebab, rata-rata asuransi kesehatan menawarkan batasan usia hingga 50 tahun. Namun, masih ada perusahaan asuransi yang menaruh perhatian pada “kelompok warga senior” ini.

Untuk rincian lengkap rekomendasi asuransi kesehatan senior terbaik, lihat di bawah.

Baca juga: Kenaikan limit kartu kredit BCA, perhatikan hal ini sebelum mengajukan

Rekomendasi asuransi kesehatan terbaik untuk lansia

Baca juga: Membayar tagihan kartu kredit menggunakan GoPay dan keuntungannya lihat disini

Rekomendasi asuransi kesehatan terbaik untuk lansia

  1. Allianz Allisya Peduli

Rekomendasi asuransi kesehatan lansia terbaik ada pada produk ini dengan menyediakan 8 pilihan asuransi syariah untuk lansia hingga usia 70 tahun. Sedangkan Allianz Allisya Care menanggung biaya rawat inap dan operasi dengan sistem klaim dan reimbursement non tunai.

Anda juga dapat membeli perlindungan tambahan untuk rawat jalan, bersalin, dan perawatan gigi.

2. Eksekutif Kesehatan Cerdas AXA Mandiri

Rekomendasi asuransi kesehatan lansia terbaik selanjutnya dalam penawaran menarik produk asuransi ini adalah mendukung kesehatan nasabah hingga usia 70 tahun dengan membayar biaya rawat inap setiap hari.

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan jaminan rawat jalan dan santunan kematian hingga Rp3 juta. Premi asuransi yang harus dibayarkan untuk produk ini sekitar Rp 5,6-17,4 juta per tahun.

3. Pelindung sehat Signa Optima

Saran terbaik untuk asuransi kesehatan senior adalah produk asuransi ini dapat melindungi nasabah hingga usia 75 tahun. Preminya sendiri mulai dari Rp375 miliar hingga Rp1,3 juta per bulan.

Asuransi juga menawarkan ganti rugi rumah sakit harian sebesar Rs300.000 – Rs1,5 juta per hari dan manfaat bedah sebesar Rs3 hingga 15 juta per kejadian.

Rekomendasi asuransi kesehatan terbaik untuk lansiaRekomendasi asuransi kesehatan terbaik untuk lansia

Jenis asuransi kesehatan untuk lansia

Ada berbagai jenis asuransi dalam kategori asuransi ini. Semua jenis asuransi, baik asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dan asuransi penyakit kritis, dapat diberikan kepada lansia.

  • Asuransi jiwa, yaitu produk asuransi yang memberikan santunan kematian kepada ahli waris yang masih hidup.
  • Asuransi kesehatan, yaitu produk asuransi yang memberikan jaminan biaya operasi dan rawat inap.
  • Asuransi penyakit kritis, yaitu produk asuransi kesehatan yang secara khusus menanggung biaya pengobatan dan pembedahan penyakit kritis.

Tentu saja perlu diperhatikan bahwa harga premi masing-masing produk asuransi ini semakin meningkat seiring bertambahnya usia. Namun jaminan yang ditawarkan jauh lebih sedikit dibandingkan usia muda.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda memiliki asuransi sesegera mungkin agar Anda tidak terbebani dengan premi asuransi yang mahal untuk mendapatkan perlindungan yang maksimal.

Fitur asuransi kesehatan untuk orang berusia di atas 65 tahun

  1. Usia masuk dan batas cakupan

Sebaiknya Anda memperhatikan syarat dan ketentuan asuransi kesehatan yang tentunya mencakup usia masuk maksimal 50 tahun. Ketika tanggal lahir di KTP Anda menunjukkan bahwa Anda berusia di atas 50 tahun, tentu Anda tidak bisa mengikuti asuransi.

Berikut tiga produk asuransi yang batasan usianya di atas 50 tahun, yaitu:

Perawatan Elit AXA Maestro

  • Usia masuk maksimum: 80 tahun
  • Usia maksimum yang dicakup: 99

Allianz Allisya Peduli

  • Usia masuk maksimum: 60 tahun
  • Usia maksimum yang dicakup: 70

Eksekutif Kesehatan Cerdas AXA

  • Usia masuk maksimum: 60 tahun
  • Usia maksimum yang dicakup: 70

2. Batas tahunan dan batas item retensi

Lansia membutuhkan banyak biaya kesehatan. Sebab, selain lebih mudah terserang penyakit, penyakit pada lansia umumnya lebih kompleks. Mengingat tingginya risiko kesehatan pada lansia, tentunya mereka harus dilindungi oleh asuransi yang sesuai.

Oleh karena itu, perlu diperhatikan besaran pagu tahunan dan pagu setiap pos biaya kesehatan yang ditanggung.

Misalnya, biaya maksimum nasihat ahli adalah 20 juta rubel. Jika Anda sering mengunjungi dokter sepanjang tahun dan jumlahnya lebih dari 20 juta real, sisanya menjadi tanggung jawab Anda.

Perlindungan rumah sakit

Jangan langsung mengambil keputusan setelah mengetahui manfaat produk asuransi apa pun untuk lansia. Alasannya adalah sebelum membeli asuransi kesehatan lansia, Anda harus mengetahui terlebih dahulu tentang kondisi yang sudah ada sebelumnya, yaitu penyakit, cedera, atau kondisi medis apa pun yang membuat orang sakit.

Penyakit ini termasuk penyakit yang pernah atau sedang diderita oleh lansia.

Seperti yang diketahui, biaya pengobatan penyakit kritis tidaklah murah sehingga produk asuransi ini menjadi sangat penting. Di sisi lain, inflasi biaya layanan kesehatan meningkat menjadi 11% pada tahun 2018.

Oleh karena itu, jika Anda sudah mempertimbangkan asuransi penyakit kritis, Anda tidak perlu lagi khawatir dengan biaya-biaya yang akan timbul di kemudian hari. Sebab, klien hanya perlu fokus pada pengobatan yang dijalaninya agar cepat pulih.

Rekomendasi asuransi kesehatan terbaik untuk lansiaRekomendasi asuransi kesehatan terbaik untuk lansia

Untuk usia di atas 70 tahun

1. Beradaptasi dengan kondisi kesehatan

Tentunya setiap produk akan memberikan beribu manfaat bagi pelanggannya. Namun, tidak semua manfaat tersebut dapat dinikmati dan seringkali tidak dimanfaatkan. Oleh karena itu, sebelum memilih, sebaiknya ketahui dulu risiko kesehatannya.

2. Nilai terjamin seiring meningkatnya biaya perawatan kesehatan

Sementara itu, biaya layanan kesehatan terus meningkat dari waktu ke waktu. Hal ini pula yang membuat Anda perlu menentukan produk asuransi kesehatan yang nilai perlindungannya sepadan dengan kenaikan biaya kesehatan. Oleh karena itu, perkirakan inflasi di masa depan dengan tetap memasukkan nilai yang dijamin oleh asuransi.

3. Pahami batasan usia masuk, kondisi yang sudah ada sebelumnya, dan periode pengecualian

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan batasan usia untuk masuk asuransi kesehatan, karena setiap produk tentunya memiliki ketentuan yang berbeda-beda. Ada yang memulai pada usia 50an, 60an, dan 70an.

Selain itu, bacalah dengan cermat ketentuan ketentuan sebelumnya, yakni jangka waktu tidak diprosesnya klaim jika polis asuransi tidak memiliki riwayat lebih dari dua tahun.

Sebaliknya, masa eliminasi memerlukan eliminasi penyakit berdasarkan waktu tertentu. Misalnya, jika periode pengecualiannya adalah 60 hari, pelanggan baru dapat menerima perlindungan biaya pengobatan jika mereka sakit setelah 60 hari.

Demikian ikhtisar rekomendasi asuransi kesehatan senior terbaik yang penting untuk Anda miliki. Apakah Anda tertarik untuk membeli produk asuransi ini? Rekomendasi dan tips ini bisa menjadi referensi Anda dalam menentukan asuransi kesehatan lansia terbaik untuk orang berusia di atas 60 tahun.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Kartu Kredit yang Perlu Anda Ketahui!

Baca terus berita terkini FinTech dan Crypto Indonesia hanya di duniafintech.com