GEDUNG PENCAKAR LANGIT TANPA BAYANGAN AKAN HADIR DI INGGRIS

Sungguh di luar logika dan akal sehat manusia jika terdapat gedung pencakar langit yang tidak memiliki bayangan. Namun hal ini lah yang akan tejadi di Inggris. Keberadaan gedung pencakar langit sering menghalangi sinar matahari, sehingga para penguni di sekitarnya harus rela hidup dalam bayang-bayang. Itulah masalah yang ingin dipecahkan sekelompok arsitek dari London. Baru-baru ini, mereka berhasil merancang sebuah gedung pencakar langit yang memiliki kemampuan untuk tak menghasilkan bayangan, tetapi menghasilkan cahaya matahari, sehingga gedung tersebut dijuluki gedung tanpa bayangan (shadowless)

Para arsitek ini merancang dua gedung pencakar langit atau menara kembar yang dijamin teta bisa menghantarkan paparan sinar matahari ke tanah.

Perusahaan arsitektur NBBJ di London baru-baru ini mengusung konsep pembangunan gedung pencakar langit baru bernama “No Shadow Tower”.

Menggunakan algoritma tertentu, arsitek memperhitungkan sudut panel di mana matahari akan bersinar pada jam-jam tertentu, tergantung pada lokasi, bentuk dan waktu.

Panel-panel itu kemudian diterjemahkan dalam desain untuk memantulkan cahaya ke jalan-jalan atau area publik di kaki bangunan.

“Anda tidak dapat menghapus bayangan dari satu bangunan,” kata Christian Coop, direktur desain NBBJ London seperti dikutip dari laman cnn.com, Rabu, 17 Juni 2015.

“Tetapi jika Anda memiliki dua bangunan, satu di utara dan satu di selatan, Anda bisa menggunakan bangunan di utara untuk bertindak seperti cermin yang akan memantulkan cahaya secara merata ke bangunan di selatan.”

Menurut prediksi arsitek NBBJ, konsep ini bisa mengurangi bayangan hingga 60 persen.

NBBJ sudah mendaftarkan konsep ini untuk dilombakan di kompetisi arsitektur yang digelar oleh think-tank New London Architecture (NLA).

Dengan NLA memperkirakan lebih dari 200 gedung bertingkat tinggi baru akan dibangun di ibukota Inggris dalam beberapa tahun ke depan, NBBJ mengatakan konsep menara tanpa bayangan ini bisa juga diaplikasikan di kota-kota lain di dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015
Show Buttons
Hide Buttons