DESPERINDAG SUMSEL SIAP KUCURKAN 24 MILYAR UNTUK PERAJIN BATU AKIK

Batu akik benar-benar menjadi ladang rezeki bagi perajin batu akik, betapa tidak selain mendapat keuntungan dari penjualan batu akik kini mereka akan kembali bahagia karena Pemrov akan memberikan bantuan dana untuk kelancaran usaha perajin batu akik di kawasan Sumsel. Namun sebelumnya Kepala Disperindag Sumsel, Permana menjelaskan, Pemprov akan membatasi penjualan batu akik dalam bentuk bongkahan.

Demi mendukung perajin dan pedagang menjual batu akik dalam hasil olahan, pemerintah menurutnya akan mengucurkan dana yang cukup besar tahun depan. Dana ini tentunya akan di pergunakan para perajin untuk memiliki alat-alat yang memiliki kualitas untuk menunjang pembuat batu akik.

Kepala Disperindag Sumsel mengatakan “Pemerintah pusat siap mengucurkan bantuan senilai Rp24 miliar. Dana itu akan digunakan untuk menyiapkan peralatan yang dibutuhkan perajin batu akik,” ujarnya kepada Sripoku.com, Kamis (2/4/2015).

Memang Pemerintah telah mendukung para perajin untuk serius untuk menjadi perajin batu akik bukan sekedar hoby maupun sedang booming saja. Terbukti sebelum mengucurkan dan bantuan yang cukup fantastis itu menurut Permana, sebenarnya Disperindag sudah memberi bantuan kepada perajin batu akik dalam bentuk pelatihan.

Selain itu bantuan 20 unit alat asah agar nilai batu akik dapat diolah lagi dan dijual dengan harga tinggi. Banyaknya orang yang menjual batu akik masih dalam bongkahan tentu di pandang tidak ada keseriusan dalam berbisnis batu akik tersebut. Dia berharap para penjual batu akik dalam bentuk bongkahan tersebut juga memiliki skil untuk mengasah batu akiknya dan menjual sudah dalam bentuk jadi batu cincin tentu nilai harganya akan lebih bertambah apalagi batu yang diasah tersebut memiliki warna, corak dan kualitas yang bagus.

“Saya pernah membeli batu akik Kecubung di Hongkong, bentuknya bagus dan punya nilai jual tinggi. Perajin kita bisa mencontohnya seperti itu, ketimbang menjual batu akik bongkahan,” terangnya.

Ucapan terima kasih dari perajin batu akik pun terdengar walaupun bantuan ini baru akan di salurkan tahun depan namun mereka sebagai perajin batu akik senang karena sudah mendapat perhatian yang lebih dari Pemprov terutama Gubernur Sumsel Alex Noerdin.

 

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*