PRESIDEN JOKOWI TERIMA KENANG-KENANG CINCIN BATU GIOK LAVENDER DARI WARGA ACEH

Tidak seperti pemimpin atau pejabat-pejabat lainnya, hampir tak terdengar jika Presiden Jokowi juga ikut demam batu akik. Ya seperti mantan Presiden SBY  maupun mantan-mantan Presiden lainnya yang gemar memakai cincin batu akik. Selasa (10/3/2015) kemarin Presiden Joko Widodo mendadak menghentikan perjalanan dalam rangkaian kunjungan kepresidenan saat hendak bertolak ke Bendungan Paya di Kota Sabang, Aceh, . Mobil RI-1 yang ditumpanginya pun berhenti dan menepi ke sebuah perkampungan warga Desa Paya Seunara.

Kemudian Jokowi berjalan menusuri jalan setapak berbatuan guna menghampiri masyarakat tersebut dan belasan pejabat-pejabatan pun mengikuti langkah cepat Jokowi.

Dengan ciri khas bicaranya Jokowi langsung menannyakan kepada masyarakat “Jadi, sekarang maunya apa?” tanya Jokowi.

Zaini selaku Ule Jurung atau kepala desa setempat pun menjawab pertanyaan dari orang nomor 1 di Indonesia tersebut. “Ya, begini, Pak. Kami ini di sini, karena bendungan belum jadi, airnya melimpah kemari kalau hujan. Banjir sampai 1 meter,”

Dengan mengkerutkan keningnya Jokowi berfikir dan menyimpulkan bahwa ada permasalahan karena warga merasa tidak cocok dengan harga ganti rugi yang diberikan pemerintah. Namun, Zaini buru-buru meluruskan bahwa sebenarnya warga sudah sepakat dengan harga ganti rugi, tetapi pencairan tak juga dilakukan oleh pemerintah daerah.

Jokowi kemudian berdiskusi dengan Gubernur Nanggroe Aceh Darussalam Abdullah Zaini dan Wali Kota Sabang Zulkifli Adam. “Ya sudah, berarti tidak ada masalah di sini. Nanti akan cepat diselesaikan oleh pemerintah,” kata Jokowi.

Dialog hanya berlangsung sekitar 10 menit. Jokowi yang didampingi Menteri Pekerjaan Umum Basuki Hadimoeljono, Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto, dan Menteri Koordinator Kemaritiman Indroyono Soesilo lalu bergegas masuk ke dalam mobil. Namun, warga tiba-tiba mencegat Jokowi dan memberinya kenang-kenangan berupa cincin dengan hiasan batu.

“Ini batu giok lavender dari Meulaboh, kenang-kenangan dari saya. Semoga Bapak ingat sama Waduk Paya di sini,” ucap Marzuki, warga tersebut, sambil memberikan cincin itu kepada Presiden.

Jokowi menerima cincin dengan batu berwarna abu-abu tersebut. Ia kemudian masuk ke dalam mobil dan melanjutkan perjalanan ke Bendungan Paya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015
Show Buttons
Hide Buttons