jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 16, 2024

JAKARTA (JurnalPagi) – Twitter tampaknya membeberkan status “dibayangi” atau pembatasan akses pengguna agar pihak yang berkepentingan dapat mengetahui apakah akun mereka telah diblokir atau tidak.

Hal tersebut langsung dicuitkan oleh Elon Musk selaku top leader di Twitter saat ini.

Twitter Menunda Verifikasi Langganan

“Pengguna jelas tahu itu jika dia mengalaminya dilarang bayangan Menurut PhoneArena, Elon mengatakan melalui akun Twitternya @elonmusk dan apa alasan proses pemulihannya.

Meski bentuk “shadowbann” tidak dijelaskan dengan jelas, namun kondisi ini nampaknya berbeda dengan konsep pemblokiran akun.

Wartawan Bloomberg Barry Weiss mengungkapkan bahwa “shadowbanned” adalah langkah Twitter untuk mencegah tweet akun menjadi tidak populer karena keterlihatannya terbatas.

“Bayangan bayangan” dilakukan bahkan sebelum pembelian resmi Twitter oleh Elon Musk pada November 2022.

Kondisi ini biasanya berlaku untuk akun yang masuk daftar hitam oleh pencarian internal Twitter dan teridentifikasi sebagai akun yang tidak diinginkan.

Bukan hanya kicauannya, bahkan mungkin akunnya sulit ditemukan oleh pengguna lain.

Tentu saja, pengguna yang mengalami “shadowban” biasanya tidak menerima notifikasi, dan situasi ini seringkali membuat pengguna bingung sehingga berpikir bahwa ada masalah algoritmik dengan akun mereka.

Weiss mengatakan Twitter sebelumnya menyebut praktik itu “Visibility Filtering” dan bukan “shadowbanned.”

Dengan rencana Elon Musk untuk mengungkapkan status akun secara jelas kepada para penggunanya, hal ini tentu memberikan transparansi yang lebih baik bagi pengguna Twitter.

Fitur serupa baru-baru ini disediakan oleh Instagram untuk para penggunanya.

Instagram akan memberi tahu pengguna menggunakan fitur akun profesional jika unggahan mereka dibatasi dan tidak dapat muncul sebagai konten yang direkomendasikan untuk pengguna lain.

Jika ada postingan yang melanggar aturan rekomendasi Instagram, kreator dan pelaku bisnis dapat mengedit atau menghapus konten tersebut hingga akun dipulihkan kembali.

Harga Langganan Twitter Biru Naik di iPhone

Alasan Twitter Kembali Menangguhkan Akun Kanye West

Elon Musk Sebut Apple Tak Pernah Berencana Hapus Twitter

Penerjemah: Livia Cristianti
Diedit oleh: Aida Nurjahani