Terjadi gangguan pasokan air, masyarakat Batam menggunakan air hujan untuk mencuci

Batam Privileges Agency (BP) mengumumkan terputusnya air bersih akibat pekerjaan perbaikan variable speed drive (VSD) di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Doriangkang.

Batam, Kepulauan Riau (JurnalPagi) – Warga Desa Belian, Kecamatan Kuta Batam, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Capri) menggunakan bak penampungan air hujan untuk mencuci pakaian karena sumber air bersih sudah empat hari tidak mengalir di daerah tersebut.

Mokhtar, warga perumahan Bukit Raya, Batam, yang terkena dampak pemadaman air, Senin (23/1), mengatakan: “Ya, kami mencuci pakaian dengan air hujan. Sudah empat hari tidak ada air di sini.”

Dia mengatakan, akibat pemadaman air selama empat hari, keluarganya harus menampung air hujan dan membeli galon air untuk buang air besar dan mandi.

Dia berkata: “Kemarin ada mobil tangki air yang datang untuk membagikan kepada warga, kami juga menghemat dalam hal ini.

Situasi ini sangat diharapkan segera kembali normal agar aktivitas warga dapat kembali normal.

“Saya harap airnya segera hidup kembali, biasanya tidak pernah seperti ini, selama ini seperti ini,” katanya.

Begitu pula dengan warga lain yang terkena dampak kehilangan air, Aldy. Katanya beli air 7 galon karena kena air bocor. Namun, dia lega karena air sudah mengalir hari ini.

“Sudah mulai mengalir tadi malam, tapi alirannya masih rendah,” kata Aldi.

Dalam keterangan yang diterima, Senin, Badan Pengoperasian Betam mengumumkan bahwa pemadaman air bersih karena perbaikan. Penggerak kecepatan variabel (VSD) di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Doryang Kang.

Dalam keterangannya, Kepala Bidang Humas dan Protokol Pemerintah Kabupaten Bitam, Aristoti Sirait mengatakan: Pengadaan air sudah dimulai di beberapa daerah terdampak, namun masih dilakukan secara bertahap di daerah yang dataran tinggi.

“Selain itu, daerah yang jauh dari waduk atau layanan juga akan mengalami normalisasi secara bertahap,” ujarnya.

Modifikasi iklim BPPT berhasil tingkatkan volume waduk di Batam

Pengelola sambungan air bersih ilegal di Batam

Akses air bersih di Batam terus berkurang

Pengkhotbah: SD Elham Yude
Editor: Andy Johari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *