jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 25, 2024

Jakarta (JurnalPagi) – Makari sebagai perusahaan Perangkat lunak sebagai layanan (SaaS) memperkenalkan Mekari Expense sebagai aplikasi manajemen pengeluaran yang dapat memantau pengeluaran bisnis secara efektif, termasuk manajemen pengeluaran. pengembalian uang yang sering ditanyakan oleh karyawan.

Penggantian biaya telah menjadi bagian sehari-hari dari operasi perusahaan. Meski terdengar sederhana, namun proses reimbursement dapat mempengaruhi arus kas perusahaan dan kepuasan kerja karyawan.

“Bagi karyawan, pengembalian dana tidak bisa dianggap enteng karena kemudahan penanganannya berdampak pada kepuasan mereka terhadap sistem internal perusahaan,” kata Chief Commercial Officer Macari Jansen Jumino dalam siaran persnya, Rabu.

Oleh karena itu, perusahaan harus menerapkan sistem dan proses reimbursement yang efisien untuk kelancaran proses administrasi dan operasional, kata Jansen.

GandengTangan-Mekari menawarkan solusi pembiayaan UMKM dengan limit Rp 2 Miliar.

Platform Kursus Online, Ditargetkan untuk Profesional yang “Berpikiran Berkembang”.

Jansen juga menjelaskan bahwa perusahaan membutuhkan teknologi berupa solusi pengelolaan keuangan bisnis untuk membantu perusahaan menerapkan dan mengeksekusi sistem reimbursement dengan baik.

“Solusi ini memungkinkan karyawan untuk mengajukan refund beserta bukti transaksi dengan mudah melalui aplikasi yang terhubung. gaji Kata Jansen dan keuangan.

Lanjutnya, dengan begitu, permohonan refund tidak hanya akan didaftarkan secara berkala, namun prosesnya juga akan transparan karena semua pihak bisa melihat berapa besar refund yang telah dilakukan.

“Oleh karena itu, perusahaan harus mempertimbangkan penggunaan solusi agar lebih mudah dan efisien dalam menangani pengembalian dana,” kata Janssen.

Tren pola penggantian biaya karyawan memberikan wawasan menarik bagi perusahaan tentang cara terbaik mengelola penggantian biaya, lanjutnya.

“Data Mekari Expense pada semester II tahun lalu menunjukkan bahwa semua ukuran perusahaan terlibat dalam reimbursement. Bahkan, kategori UMKM umumnya memproses lebih dari ribuan transaksi per unit. Mah, volume yang mirip dengan kategori perusahaan besar dan institusi.

Lantas, bagaimana pola penggantian biaya bagi perusahaan dan karyawan lainnya? Lihatlah empat di bawah ini.

Seringkali untuk transportasi

Karena tingginya tingkat mobilitas kerja pada periode ini, biaya transportasi menjadi penggantian yang paling banyak diminta. Pekerjaan gabungan

Hingga 30% dari jenis penggantian ini mencakup biaya mobil, bahan bakar, parkir, dan servis. Kategori terbesar kedua adalah perlengkapan dan pengantaran (15 persen), seperti alat tulis kantor (ATK) dan kurir, disusul akomodasi, seperti persewaan hotel selama perjalanan bisnis.

Ia mengatakan: Adanya subkategori pengeluaran mengharuskan perusahaan memiliki sistem penggantian yang dapat mengatasi kompleksitas tersebut.

Biaya pelacakan bunga

Karena sering mengunjungi pelanggan dan mitra bisnis, tim penjualan dan komersial menjadi departemen yang sering meminta penggantian.

Sekitar 40 persen permintaan penggantian biaya datang dari tim ini, diikuti oleh tim produk dan operasi (18 persen), yang seringkali memantau langsung kondisi pasar. Tim teknik dan lapangan (16 persen) yang biasa turun ke lapangan berada di peringkat ketiga.

“Tim yang beroperasi dari kantor, seperti bagian keuangan dan sumber daya manusia, terus meminta penggantian ATK dan kas kecil lainnya,” ujarnya.

Selesai dalam 7 hari kerja

Semakin cepat perusahaan perangkat lunak memproses permintaan pengembalian dana, semakin cepat perusahaan mengembalikan uang kepada karyawannya. Data menunjukkan 42 persen perusahaan membutuhkan waktu hingga 7 hari untuk memproses refund, sedangkan sisanya membutuhkan waktu 8-14 hari (37 persen) dan 15-21 hari (21 persen).

Untuk program ini, 38 persen perusahaan memberikan penggantian sebulan sekali, umumnya dengan gaji. Selain itu, 25% perusahaan membayar mingguan dan 34% membayar setiap hari.

Perusahaan membutuhkan waktu untuk memproses pengembalian dana karena klaim yang diajukan oleh karyawan ditangani oleh berbagai departemen termasuk departemen. gaji “Di HRD yang menerima lamaran dan bagian keuangan bertanggung jawab membayar pengembalian dana.”

“Pemrosesan silang ini mengharuskan perusahaan menerapkan alur permintaan reimbursement yang efisien dan efisien serta sistem pencatatan arus kas yang akurat,” ujarnya.

Siapa yang cepat pasti mendapatkannya

Berdasarkan data, sekitar 83% karyawan meminta pengembalian dana dalam waktu 7 hari sejak tanggal transaksi. Selain itu, karyawan aktif biasanya meminta pengembalian dana rata-rata 5 kali per bulan dengan nilai total rata-rata Rp 250.000.

Katanya: Para karyawan bergerak cepat agar tidak ketinggalan batas waktu pengiriman refund yang ditetapkan perusahaan.

Memiliki template untuk pengiriman dan pemrosesan pengembalian dana memberikan gambaran yang lebih jelas kepada perusahaan tentang bagaimana merancang sistem yang teratur dalam pengiriman dan penanganan masalah ini, mulai dari mendokumentasikan transaksi oleh karyawan hingga mencatat seluruh pengeluaran perusahaan untuk menutupi pengembalian dana.

Platform Kursus Online, Ditargetkan untuk Profesional yang “Berpikiran Berkembang”.

Koresponden: Alvansia Pesaribo
Diedit oleh: Zita Mirina
Hak Cipta © JurnalPagi 2024