jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 16, 2024

Jakarta (JurnalPagi) – Telkomsel memperluas kemitraan strategisnya dengan Microsoft untuk meningkatkan pengalaman gaya hidup digital pelanggannya dengan memperkuat integrasi Azure AI ke dalam platform pelanggan dan bisnis Telkomsel serta meningkatkan ketersediaan jaringannya.

Kemitraan strategis ini diresmikan melalui penandatanganan kesepakatan pada 27 Februari 2024 di Fira Gran Via, bertepatan dengan acara Mobile World Congress 2024 di Barcelona, ​​​​Spanyol.

Upaya bersama ini sejalan dengan upaya Telkomsel untuk menjadi Penyedia layanan telekomunikasi digital Yang terbaik di kawasan dengan secara konsisten memberikan berbagai solusi inovatif terdepan untuk klien dengan menggunakan teknologi terkini.

“Memperluas kemitraan kami dengan Microsoft memungkinkan kami memperkuat kemampuan AI di berbagai layanan yang kami tawarkan, sehingga kami dapat memberikan layanan yang lebih cerdas, efisien, dan inovatif untuk semua pelanggan. Kami sangat antusias bekerja sama dengan Microsoft untuk Kami sangat bersemangat untuk mengeksplorasi hal-hal baru peluang untuk meningkatkan ‘berbeda.”’ kata Derrick Heng, direktur pemasaran Telkomsel: “Dengan cara ini, kami dapat memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan kami dalam menikmati berbagai aktivitas digital sehari-hari.”

“Kemitraan ini mencerminkan komitmen Telkomsel untuk selalu menjadi yang terdepan dalam inovasi. Dengan terus menggunakan teknologi terkini, seperti Microsoft Azure AI, dalam layanannya, Telkomsel berupaya memenuhi beragam kebutuhan pelanggan yang dinamis di era digital yang terus berkembang. Wong Sun Nam, Direktur Perencanaan dan Transformasi Telkomsel, mengatakan inisiatif strategis tersebut tidak hanya “memastikan peningkatan daya saing perusahaan, tetapi juga mempertegas komitmen Telkomsel dalam memberikan layanan terbaik dan menciptakan nilai tambah bagi seluruh pelanggan.”

Telkomsel manfaatkan Google Cloud untuk Gen AI di aplikasi

Sebagai penyedia layanan telekomunikasi digital terkemuka di Indonesia, Telkomsel tetap berkomitmen untuk memberikan pengalaman digital terdepan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Telkomsel terus mendorong batasan dalam memajukan teknologi untuk memberikan pengalaman yang lebih baik dengan teknologi terkini melalui pemanfaatan kemampuan AI. Direktur TI Telkomsel menambahkan: “Telkomsel percaya bahwa dengan merangkul teknologi, khususnya melalui penggunaan Microsoft Azure AI, akan membuka ruang kolaborasi yang akan memberikan dampak jauh lebih besar terhadap kemampuan perusahaan dalam merespons tantangan dan kebutuhan bisnis di masa depan.” Bharata Alva.

“Era baru kecerdasan buatan memungkinkan setiap individu dan organisasi menciptakan dampak sosial dan memaksimalkan pertumbuhan ekonomi dengan cara yang lebih inklusif. Misalnya dengan mempercepat waktu inovasi, mengembangkan pengalaman pelanggan, dan meningkatkan produktivitas. “Kami sangat senang dapat memperluas kemitraan kami dengan Telkomsel untuk membuka dan mewujudkan lebih banyak peluang AI bagi Indonesia,” tambah Dharma Simurangkir, Direktur Microsoft Indonesia.

Melalui kerja sama ini, Telkomsel dan Microsoft akan memberikan program pelatihan kecerdasan buatan (AI) bagi karyawan Telkomsel yang meliputi pelatihan penerapan AI untuk keberlanjutan dan AI untuk commissioning.

Program pelatihan kecerdasan buatan ini bertujuan untuk memberikan landasan yang kokoh bagi karyawan Telkomsel untuk memahami dan menerapkan teknologi kecerdasan buatan secara efektif, tidak hanya untuk keperluan bisnis, tetapi juga untuk memberikan kontribusi positif kepada masyarakat dan lingkungan sekitar.

Telkomsel kemudian juga akan merencanakan dan mengimplementasikan teknologi Azure AI Services, termasuk Azure OpenAI Service, ke berbagai platform pelanggan dan bisnis Telkomsel untuk memberikan solusi yang lebih inovatif dan personalisasi yang lebih baik bagi pelanggan.

Huawei Cloud Terpilih sebagai Penyedia Platform Big Data FMC untuk Telkomsel

AI Generatif membuka berbagai peluang kreatif untuk menghasilkan layanan baru yang dapat meningkatkan pengalaman digital pelanggan secara signifikan.

Selain itu, dengan menerapkan rencana transformasi jaringan melalui penggunaan kecerdasan buatan, Telkomsel akan mampu mengidentifikasi dan merespons permasalahan jaringan dengan lebih cepat dan efisien.

Hal ini tidak hanya akan meningkatkan kualitas layanan yang diberikan kepada pelanggan, namun juga membantu Telkomsel tetap menjadi pemimpin di industri telekomunikasi dengan jaringan andal yang responsif terhadap kebutuhan yang terus berkembang.

Sebelumnya, kolaborasi Telkomsel dan Microsoft melalui integrasi Microsoft Azure OpenAI Service memberikan dampak signifikan yang memungkinkan Veronika menghadirkan solusi lebih cepat dan akurat. Telkomsel mencatat peningkatan interaksi layanan mandiri pelanggan dari 19 menjadi 45 persen. Dengan peningkatan rata-rata pesan per pengguna sebesar 140%, terutama untuk produk gaya hidup digital.

Hal ini memungkinkan agen layanan pelanggan menghabiskan lebih banyak waktu dengan pelanggan yang paling membutuhkan mereka.

Baca lebih lanjut mengenai upgrade Veronika yang mampu menangani hingga 5 juta transaksi per bulan melalui link di bawah ini.

Telkomsel Luncurkan Asisten Virtual Terbaru ‘Veronika’

Koresponden: Pamela Sakina
Redaktur : Siti Zulikha
Hak Cipta © JurnalPagi 2024