jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 14, 2024

Jakarta (JurnalPagi) – Sarapan kaya protein bisa membuat Anda merasa kenyang dan meningkatkan konsentrasi, menurut hasil penelitian di Denmark yang dipublikasikan di Danish Journal. Jurnal Ilmu Susu.

Protein dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perbaikan. Asam amino yang menyusun protein membantu membangun dan memperbaiki otot dan tulang, memproduksi hormon dan enzim, dan bahkan menyediakan energi saat dibutuhkan.

Protein bisa didapat dari makanan seperti daging, ikan, telur, produk susu, biji-bijian, kacang-kacangan dan polong-polongan.

Sarapan berbahan dasar susu, tinggi protein, dan rendah karbohidrat dapat membantu meningkatkan rasa kenyang tanpa mempengaruhi total asupan energi harian, menurut hasil penelitian yang dipublikasikan. Jurnal Ilmu Susu.

Dokter Ingatkan Anda, Sebaiknya Jangan Sarapan Hanya Agar kenyang

Seperti dilansir Medical Daily, para peneliti dalam studi tersebut mencatat bahwa orang yang mengikuti diet tinggi protein dibandingkan dengan mereka yang makan sarapan rendah protein, rendah karbohidrat, dan mereka yang melewatkan sarapan dalam tes Fokus kognitif sebelum makan siang memiliki kinerja yang lebih baik.

Matt Hansen mengatakan: “Kami menemukan bahwa sarapan kaya protein dengan Skyr (produk susu asam) dan oat meningkatkan rasa kenyang dan fokus peserta, namun dibandingkan dengan melewatkan sarapan atau mengonsumsi sarapan kaya karbohidrat, asupan energi secara keseluruhan berkurang. tidak mengurangi Salah satu penulis hasil penelitian.

Temuan tersebut diperoleh setelah menganalisis 30 wanita obesitas berusia 18 hingga 30 tahun selama tiga hari.

Selama periode tersebut, peserta penelitian mengonsumsi sarapan tinggi protein, sarapan rendah protein, atau melewatkan sarapan.

Para peneliti mengukur tingkat kenyang dan asupan energi partisipan saat makan siang. Peserta juga diminta menyelesaikan tes kognitif sebelum makan siang. Selain itu, total asupan energi per hari juga diukur.

Meski dapat meningkatkan rasa kenyang dan meningkatkan konsentrasi, para peneliti mengatakan beralih ke sarapan berprotein tinggi saja tidak cukup untuk mengatur penambahan berat badan.

Hasil penelitian menegaskan bahwa makanan kaya protein meningkatkan rasa kenyang, yang berdampak positif dalam mencegah penambahan berat badan. Tentu saja, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa agar strategi nutrisi tersebut efektif, konsumsilah sarapan kaya protein. sangat penting.” Itu saja tidak cukup,” kata mereka.

Gaya hidup masa kini mengubah kebiasaan sarapan masyarakat
Memberikan nutrisi seimbang dimulai dari sarapan

Penerjemah: Fitrah Asy’ari
Redaktur: Meriati
Hak Cipta © JurnalPagi 2024