jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juli 25, 2024

Jakarta (JurnalPagi) – Merek teknologi Oppo resmi merilis sistem operasi terbarunya berbasis Android 14, ColorOS 14, pada akhir tahun 2023.

Sistem operasinya juga sudah hadir di Indonesia melalui seri Reno11 yang terdiri dari Oppo Reno11 5G dan Oppo Reno11 Pro 5G.

Dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa, Patrick Owen, Chief Marketing Officer Oppo Indonesia, menilai keunggulan kamera seri Oppo Reno11 yang dipadukan dengan ColorOS 14 dapat meningkatkan pengalaman pengguna saat menjelajah ponsel genggam.

“Hal ini menggarisbawahi komitmen kami dalam menyediakan teknologi yang intuitif dan efisien untuk mendukung aktivitas sehari-hari pengguna dan kreativitas mereka dalam bekerja,” kata Patrick.

Dari segi desain, ColorOS 14 menghadirkan penyempurnaan pada desain Aquamorphic, tampilan terinspirasi air yang menjadi ciri khas Oppo dan dioptimalkan. Aquamorphic Design kini menghadirkan efek suara, sistem warna, interaksi, dan lainnya untuk memberikan pengalaman seluler yang lebih intuitif.

OPPO berkolaborasi dengan dua tim desain suara kelas dunia, Sonic Minds dan epicsound, untuk menghadirkan efek suara baru ke ColorOS 14.

 

Efek suara nada dering bertema “Aquamorphic” tersedia di ColorOS 14. (JurnalPagi/HO-OPPO Indonesia)

Efek suara mencakup sepuluh set nada dering bertema Aquamorphic untuk panggilan, alarm, dan notifikasi, termasuk tujuh skema suara antarmuka pengguna untuk memberikan pengalaman suara yang harmonis kepada pengguna di perangkat OPPO.

ColorOS 14 dilengkapi sistem pewarnaan Aquamorphic yang secara cerdas beradaptasi dengan situasi dan waktu di smartphone.
Dengan mencocokkan warna dengan konteks secara cerdas, sistem pewarnaan dinamis membuat persepsi pengguna terhadap informasi jauh lebih efektif dan intuitif.

ColorOS 14 juga mendongkrak performa dengan menggunakan teknologi yang saat ini berkembang pesat, yaitu kecerdasan buatan (AI).

Misalnya, fitur Smart Touch yang didukung AI memungkinkan pengguna memilih konten seperti teks, gambar, dan video dari sistem dan aplikasi pihak ketiga dan menyimpannya ke Dock Files. Pengguna juga dapat menggabungkannya secara singkat dengan memilih lalu menyeret konten ke dalam catatan.

 

Gambar fitur “Smart Mating Image”. (JurnalPagi/HO-OPPO Indonesia)

Ada juga Smart Image Matting, fitur pertama ponsel cerdas yang memungkinkan pengguna memotong beberapa subjek, seperti orang dan hewan, dari gambar diam atau video. Fitur ini dapat berguna bagi orang yang suka mempersonalisasi konten seperti kreasi Gambar latar belakang, Label Untuk pesan instan atau pembuatan poster.

OS terbaru Oppo juga diharapkan dapat lebih mengoptimalkan kinerja ponsel berkat pembaruan “Trinity Engine”.

Mesin Trinity ColorOS 14 meningkatkan kelancaran dan stabilitas ponsel dengan mengelola sumber daya komputasi, memori, dan penyimpanan secara efisien. Ada tiga fitur utama Trinity Engine yang meliputi Vitalisasi ROM, Vitalisasi RAM, dan Vitalisasi CPU.

Misalnya, untuk Vitalize ROM, Anda dapat mengosongkan ruang memori dengan mengompresi data aplikasi dan file melalui Kompresi Aplikasi dan Kompresi File di pengaturan Manajer Telepon. Smartphone yang dilengkapi Vitalization ROM dikatakan mampu menyimpan ruang penyimpanan hingga 21 GB.

Dari segi keamanan dan privasi, ColorOS juga menghadirkan peningkatan. Salah satunya dengan mengintegrasikan fitur privasi dasar Android 14 dan memperkenalkan fitur baru bernama Picture Keeper.

Fitur ini dirancang untuk mencegah aplikasi menyalahgunakan izin akses foto atau video pribadi pengguna. Setiap kali pengguna mengaktifkan pengelola izin baru, aplikasi harus mendapatkan izin untuk mengakses foto atau video yang dipilih.

Oppo Reno 11 5G Series Resmi Diluncurkan Dengan Harga Mulai Rp 5 Jutaan

Oppo janjikan hingga 4 pembaruan OS untuk ponsel andalan di tahun 2023

Android 14 Resmi Dirilis Melalui Google Pixel

Apple Tunda Sementara Pengembangan iOS 18 dan macOS 15

Editor: Natisha Andarningtias
Hak Cipta © JurnalPagi 2024