Presiden Jokowi akan meresmikan Bendungan Klenteng Utara-Sulawesi

Pembangunan Bendungan Kuwil Kawangkoan dimulai pada tahun 2016 dan akan selesai pada tahun 2022 dengan total biaya pembangunan sebesar 1,9 triliun rupiah.

Manado (JurnalPagi) – Presiden Jokowi dijadwalkan meresmikan Proyek Bendungan Kovil Strategis Nasional Kawangkuan di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara dalam kunjungan kerjanya ke daerah tersebut.

“Agenda kunjungan kerja presiden ke daerah itu masih tentatif,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sulut Christian Ayroth di Manado, Rabu.

Pembangunan Bendungan Kuwil Kawangkoan memiliki tugas utama untuk mengurangi banjir di Kota Manado dan juga menyediakan air baku untuk Kota Manado, Kabupaten Minahasa Utara dan Kota Bitung.

Secara teknis, bangunan ini merupakan bendungan batu acak dengan inti vertikal setinggi 67 meter, panjang puncaknya 420 meter, dan mampu menampung 23 juta meter kubik air.

Pembangunan Bendungan Kuwil Kawangkoan dimulai pada tahun 2016 dan akan selesai pada tahun 2022 dengan total biaya pembangunan sebesar 1,9 triliun rupiah.

Bendungan ini berpotensi untuk membangun PLTMH berkapasitas 2 x 0,7 MW yang akan dikembangkan ke depannya.

Selain merencanakan pembukaan Bendungan Kovil, kunjungan kerja Presiden Jokowi ke kawasan ini juga diinformasikan akan meresmikan Proyek Penataan Kawasan Wisata Malalayang dan Bunaken di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat di Manado.

Presiden juga akan mengunjungi dan berdiskusi dengan sejumlah pasar tradisional.

Persiapan pengamanan jelang kedatangan Presiden Jokowi dimulai sejak siang hari, dengan petugas TNI menjaga pinggiran jalan-jalan besar dan perempatan, bahkan kapal TNI-AL bersiaga di perairan Teluk Manado.

PT WIKA: Bendungan Kuwil-Kwangkoan akan turunkan debit banjir hingga 50%
Presiden Targetkan Bendungan Koil ‘Raksasa’ Selesai 2019
Peserta SMN Antusias Kunjungi Lokasi Bendungan Koil

Pengkhotbah: Karl Alexander Polakitan
Editor: Muhammad Yusuf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *