jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 14, 2024

Padang (JurnalPagi) – Fakultas Farmasi Universitas Andalus melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat (PKM) pada Sabtu, 12 November 2022. Kegiatan ini dilaksanakan di area Pusdiklat LPK Vetaksindo Kota Payakumbuh.

Dengan topik “Edukasi Produk Secret Stem Cell Sebagai Bahan Aktif Perawatan Kulit Anti Aging”. Kegiatan ini ditujukan untuk semua kalangan profesional seperti dokter, mahasiswa dan masyarakat sekitar.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengedukasi – baik masyarakat umum maupun pelajar, untuk menambah pengetahuan dan pemahaman tentang cara memilih skin care yang baik dan aman untuk kulit, serta beberapa informasi penting terkait teknologi stem cell.

Banyak orang yang kurang peduli dengan beberapa produk yang mereka gunakan dan antisipasi Unand Prof. Menurut Marlina, hal tersebut sangat berbahaya, terutama bagi remaja yang disebut-sebut sebagai konsumen terbesar produk skin care di pasaran saat ini.

Saat ini, bahkan siswa sekolah dasar pun tertarik untuk menggunakan produk perawatan kulit, sehingga sangat penting untuk mengedukasi orang tua tentang cara menggunakan dan memilih produk perawatan kulit yang aman bagi mereka.

Menggunakan bahan aktif dari bahan biologis tentunya merupakan perkembangan terbaru dalam dunia kecantikan, demikian semoga informasi dan tutorial seperti ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Ketua Panitia Pengabdian, kata Prof. apt Marlina, MS, Ph.D pada Sabtu (11/12/22).

Wanita yang berprofesi sebagai dosen di Fakultas Farmasi ini menjelaskan tentang tren meningkatnya kebutuhan masyarakat akan produk kecantikan dan perawatan tubuh, yang konsumennya tidak hanya orang dewasa, tetapi sudah mulai dari kalangan remaja.

Oleh karena itu, ia telah meneliti alternatif produk baru yang dapat digunakan secara aman dan efektif untuk mengatasi berbagai keluhan kulit, khususnya anti-aging. Teknologi pembuatan komponen komposit kosmetik telah dikembangkan dari sekresi sel punca.

Profesor Marlina menjelaskan, secretome merupakan media yang diperoleh dari kultur sel punca yang mengandung faktor pertumbuhan. Kandungan ini digunakan sebagai bahan kosmetik alternatif dari sel punca sebagai bahan aktif anti aging dengan resiko minimal. “Sekresi ini bekerja dengan mempercepat proses regenerasi kulit dengan merangsang proliferasi sel, perbaikan, dan pembentukan matriks ekstraseluler,” ujar sang profesor. Marlina

Antusiasme dalam kegiatan ini terlihat dari banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan seputar materi yang disampaikan oleh narasumber. Kegiatan diskusi dilanjutkan dengan pembagian beberapa produk Secretum berupa krim anti aging kepada beberapa peserta yang beruntung kemudian ditutup dengan makan siang bersama.*